PROGRAM KERJA SMA NEGERI 6 MADIUN
JANGKA PENDEK DAN MENENGAH
1.
Visi,
Misi dan Tujuan Sekolah
a.
Visi
Terwujudnya generasi yang
cerdas terampil serta berprestasi berdasarkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa.
b.
Misi
1.
Menumbuhkan penghayatan terhadap agama dan juga budaya bangsa sehingga
menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
2.
Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap
siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi diri.
3.
Menumbuhkan semangat kompetitif secara aktif kepada seluruh warga sekolah
4.
Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah.
5.
Membekali siswa dengan
ketrampilan praktis dan mendasar untuk hidup mandiri di masyarakat.
c.
Tujuan
Sekolah
1.
Mulai tahun 2007-2008 sekolah sudah melaksanakan Kurikulum SMA Negeri 6
Madiun untuk tahun pertama pada kelas X
2.
Pengembangan Silabus, sistem penilaian dan model-model pembelajaran yang
inovatif sesuai dengan situasi dan kondisi SMA Negeri 6 Madiun
3.
Menambah wawasan Guru dalam bidang Teknologi Informasi dan mengikuti Musyawarah
Guru Mata Pelajaran baik di tingkat kota maupun sekolah.
4.
Siswa mampu bersaing dalam lomba mata pelajaran (olimpiade)
2.
Sasaran / Tujuan Situasional Sekolah
Sasaran
Progran Jangka Pendek [tahun pelajaran 2009-2010]
1.
Menyelenggarakan beberapa event baik akademik maupun non akademik yang
diikuti oleh siswa SD/SMP di lingkungan Kota / Kabupaten.
2.
Menyelenggarakan paket pendidikan yang sesuai dengan upaya peningkatan mutu
pendidikan dengan membekali life skill sesuai dengan potensi siswa
3.
Peningkatan rata-rata Nilai Ujian Nasional [NUN] tahun pelajaran 2009-2010
[minimal 0,5] dari tahun sebelumnya.
4.
Meningkatkan Sumber Daya Manusia [ Guru dan Karyawan] dengan memperdalam
wawasan tentang Kurikulum SMA Negeri 6 Madiun [KTSP] dan School Reform
5.
Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengetahui latar belakang / bakat,
minat dan kemampuan siswa.
6.
Pengadaan buku-buku / referensi yang menunjang profesi guru sebagai
pendidik maupun pengajar
7.
Pengadaan sarana dan prasarana sekolah untuk dapat difungsikan oleh siswa
dalam mengembangkan kemampuan dasarnya.
8.
Mengoptimalkan substansi dan pelaksanaan mata pelajaran tertentu sebagai
wahana pendidikan budi pekerti
9.
Mengoptimalkan upaya sekolah dalam
mengubah kultur sekolah menjadi wahana “learning to life together” dan “learning to be”
10. Mengadakan pelatihan, diskusi
dalam rangka memperdalam wawasan tentang Kurikulum SMA Negeri 6 Madiun
11. Menyelenggarakan MGMPS
secara kontinu dan konsisten
12. Pemberdayaan Tim
Penelitian dan Pengembangan Sekolah
13. Mengoptimalkan
perpustakaan sebagai tempat untuk belajar
14. Meningkatkan kedisiplinan
karyawan tata usaha sekolah sesuai dengan tugas dan wewenangnya
15. Meningkatkan layangan guru
bidang studi dan BP dalam pemberian bimbingan kepada siswa sesuai
permasalahannya
16. Pembenahan ruang
laboratorium IPA
17. Pengadaan komputer ruang
kelas untuk tahap pertama
18. Pengadaan kelengkapan
sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan ekstrakurikuler
19. Pengadaan meja kursi siswa
dan guru
20. Merehab lapangan basket
untuk kelancaran kegiatan ekstra kurikuler
21. Mengoptimalkan hubungan
dan kerjasama dengan masyarakat, dunia usaha dan dunia industri
22. Menambah tenaga
profesional yang dapat membantu dan mengembangkan life skill pada diri siswa
23. Mengadakan rehab ringan
untuk beberapa ruang kelas
Sasaran
Program Jangka Menengah 4 tahun [tahun pelajaran 2008-2012]
1.
Terwujudnya SMA Negeri 6 Madiun sebagai Sekolah Standar Nasional [SSN] dengan
terpenuhinya 8 Standar Nasional Pendidikan :
a.
Pemenuhan Standar Isi dan SKL
b.
Pemenuhan Standar Proses
c.
Pemenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
d.
Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana
e.
Pemenuhan Standar Pengelolaan
f.
Pemenuhan Standar Pembiayaan
2.
Analisa dalam upaya Pengembangan Standar Nasional Pendidikan :
No.
|
Kondisi
saat ini
|
Kondisi
yang diharapkan (lima tahun ke depan)
|
|
1
|
Standar Isi: Kurikulum
|
Standar Isi:
|
|
|
Kurikulum 75% memenuhi standar
nasional pendidikan (perangkat pembelajaran belum disusun untuk kelas XI-XII
baru sebagian mapel)
|
Kurikulum 100%
memenuhi standar nasional pendidikan (perangkat pembelajaran sudah
disusun untuk kelas XI-XII semua mapel)
|
25%
|
2.
|
Pengembangan Proses Pembelajaran:
|
Pengembangan Proses Pembelajaran:
|
|
|
Proses pembelajaran belum memenuhi standar nasional pendidikan,
yaitu baru 50% guru melaksanakan CTL
|
Proses pembelajaran sudah memenuhi standar nasional pendidikan,
yaitu 100% guru melaksanakan CTL
|
50%
|
3.
|
Standar
Kelulusan:
|
Standar
Kelulusan:
|
|
|
Prestasi akademik lulusan rata-rata memenuhi
standar nasional pendidikan (rata-rata KKM 70 % dan rata-rata NUAN 7.05 untuk
IPA dan 6,93 untuk IPS)
|
Prestasi akademik lulusan sudah memenuhi standar
nasional pendidikan (KKM 100% dan NUAN 8,00 baik Untuk IPA maupn IPS)
|
SKBM: 30%
GSA NUAN: 1,00
|
|
Prestasi non akademik sekolah masih rendah
(rata-rata mencapai kejuaraan tingkat kabupaten/kota)
|
Prestasi non akademik sekolah tinggi (rata-rata
minimal mencapai kejuaraan tingkat nasional)
|
2 tingkat
|
4.
|
Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
|
|
Pendidik dan tenaga kependidikan terdapat 98%
memenuhi standar nasional pendidikan
|
Pendidik dan tenaga kependidikan terdapat 100%
sudah memenuhi standar nasional pendidikan
|
2%
|
5.
|
Pengembangan Prasarana dan Sarana:
|
Pengembangan Prasarana dan sarana:
|
|
|
Prasarana, sarana, media pembelajaran, bahan
ajar, sumber belajar terdapat rata-rata 45% memenuhi standar nasional
pendidikan
|
Prasarana, sarana, media pembelajaran, bahan
ajar, sumber belajar 100% memenuhi standar nasional pendidikan
|
55%
|
6.
|
Pengembangan Pengelolaan:
|
Pengembangan Pengelolaan:
|
|
|
70% Fungsi-fungsi pengelolaan sekolah memenuhi
standar nasional pendidikan
|
100% Fungsi-fungsi pengelolaan sekolah memenuhi
standar nasional pendidikan
|
30%
|
7.
|
Pengembangan Pembiayaan:
|
Pengembangan Pembiayaan:
|
|
|
Pembiayaan masih rendah (di bawah 75.000 ribu rupiah
per bulan per anak atau sekitar 50-%)
|
Pembiayaan memenuhi standar nasional (di atas
150.000 rupiah per bulan per anak)
|
50%
|
8.
|
Pengembangan Penilaian:
|
Pengembangan Penilaian:
|
|
|
Guru dan sekolah 80% melaksanakan sistem
penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan
(rata-rata masih di bawah standar nasional, baik tingkat kesulitasn maupun
model-model yang digunakan)
|
Guru dan sekolah 100% melaksanakan sistem
penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan
|
20%
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar