Dalam mata kuliah ini akan dikaji konsep dasar
tentang filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya
serta kaitannya dengan MKK dan MKBS. Berikutnya dibahas pula tentang karakteristik filsafat,
ilmu dan pendidikan
serta jalinan fungsional antara ilmu, filsafat dan agama. Selanjutnya dibahas mengenal
sistematika, permasalahan, keragaman pendekatan dan paradigma (pola
pikir) dalam pengkajian dan pengembangan
ilmu dan dimensi ontologis, epistomologis dan aksiologis. Selanjutnya dikaji mengenai makna, implikasi dan
implementasi filsafat ilmu sebagai
landasan dalam rangka pengembangan keilmuan dan kependidikan dengan penggunaan alternatif metodologi
penelitian, baik pendekatan kuantitatif
dan kualitatif, maupun perpaduan kedua-duanya.
B. TUJUAN UMUM PERKULIAHAN
Setelah
mengikuti perkuliahan ini diharapkan peserta pendidikan memiliki kemampuan:
1. Memahami konsep dasar filsafat ilmu, kedudukan, fokus,
cakupan, tujuan dan
fungsinya untuk dapat dijadikan landasan pemikiran, perencanaan dan pengembangan ilmu dan pendidikan
secara akademik dan profesional.
2. Mampu memahami filsafat ilmu untuk mengembangkan diri
sebagai ilmuwan
maupun sebagai pendidik dengan penggunaan alternatif metodologi penelitian, baik
pendekatan kuantitatif dan kualitatif maupun perpaduan kedua-duanya dalam konsentrasi bidang
studi yang menjadi minat
utamanya.
3. Mampu menerapkan filsafat ilmu sebagai dasar pemikiran, perencanaan dan pengembangan khususnya
landasan keilmuan dan landasan pendidikan yang dijiwai nilai-nilai ajaran agama dan nilai-nilai luhur budaya masyarakat Indonesia yang
bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara serta umat manusia dalam pemahaman dan
perkembangan lingkungan
dinamika global.
C. GARIS-GARIS
BESAR PROGRAM PERKULIAHAN/POKOK BAHASAN
I. PENGERTIAN FILSAFAT
1.
Arti istilah dan rumusan filsafat
2.
Obyek studi dan metode filsafat
3.
Bidang kajian filsafat: Ontologi,
Epistomologi, dan Aksiologi
4.
Aliran/Mazhab dalam filsafat
5.
Cabang-cabang filsafat
6.
Jalinan. Ilmu, filsafat dan agama.
II.
PENGERTIAN FILSAFAT ILMU
1.
Arti istilah definisi filsafat ilmu
2.
Cakupan dan permasalahan filsafat
ilmu
3.
Berbagai pendekatan filsafat ilmu
4.
Sejarah dan Perkembangan filsafat
ilmu
5.
Fungsi dan arah filsafat ilmu
III. SUBSTANSI FILSAFAT ILMU 1. Kenyataan atau fakta
2.
Kebenaran
3.
Konfirmasi
4.
Logika Inferensi
5.
Telaah konstruksi teori
IV. DIMENSI KAJIAN FILSAFAT ILMU
1.
Dimensi Ontologis
2.
Dimensi Epistomologis
3.
Dimensi Aksiologis
V.
PENGEMBANGAN DAN PENERAPAN TEORI
1.
Pengembangan teori dan alternatif metodologinya.
2.
Etika dalam Pengembangan Ilmu dan Teknologi
3. Jalinan fungsional Agama, Filsafat dan Ilmu.
4.
Implikasi dan Implementasi Filsafat Ilmu dalam pengembangan
Keilmuan dan Kependidikan.
D. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah, tanya jawab/dialog-kreatif, diskusi/lokakarya/seminar
- Penguasaan terstruktur: penulisan makalah atau laporan kajian buku.
- Studi kasus, studi banding dan laporan kajian serta implementasi atau pengembangan.
E. EVALUASI:
Akumulasi dan proporsi
kehadiran, makalah,
laporan kajian buku, diskusi/seminar, ujian tengah
semester dan ujian akhir semester.
F. KEPUSTAKAAN
Achmad Sanusi (1998), Filsafat Ilmu, Teori Keilmuan dan Metode Penelitian, Bandung: Program Pasca Sarjana IKIP
Bandung.
-------------------(1999),
Titik Balik Paradigma Ilmu : Implikasinya Bagi Pendidikan, Orasi limiah Pada Wisuda UHAMKA
tanggal 31 Juli 1999, Jakarta: Majelis Pendidikan Tinggi
Muhammadiyah UHAMKA.
Branner, Julia. (2002), Memadu Met ode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Samarinda: Pustaka Pelajar.
Capra, Fritjop, (1998), Titik Balik Peradaban: Sains Masyarakat dan Kebangkitan .Kebudayaan, Terjemahan M. Thoyibi, Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Conny R. Semiawan, dkk. (1988), Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu, Bandung: Remadja karya.
Endang Saefuddin Anshari, (1982), Ilmu, Filsafat dan Agama, Surabaya: Bina Ilmu.
Himsworth, Harold (1997), Pengetahuan Keilmuan
dan Pemikiran Filosofi, (Terjemahan Achmad Bimadja, Ph.D), Bandung:
ITB Bandung.
Ismaun, (2002),
Filsafat Ilmu, Materi Kuliah, Bandung (Terbitan
Khusus).
Jammer, Max (1999), Einsten and
Religion: Physics and Theology, New Jersey: Princeton University, Press.
Kuhn, Thomas S, (2000), The Structure
of Scientific Revolution: Peran Paradigma dalam Revolusi Sains, Terjemahan Tjun Surjaman, Bandung: Rosda).
Noeng Muhadjir, (1996), Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Iii, Yogyakarta.
Rake Sarasin.
--------------------, (1998), Filsafat Ilmu: Telaah Sistematis, Fungsional
Komparatif, Yogyakarta: Rake
Sarasin.
Redja Mudyahardjo, (2001), Filsafat
Ilmu Pendidikan: Suatu Pengantar, Bandung: Rosda.
Sidi Gazalba,
(1973), Sistematika Filsafat, Jakarta: Bulan Bintang.
Sudarto
(1997), Metodologi Penelitian Filsafat, Jakarta: Raja Grafindo Persada. Tibawi, AL,
(1972), Islamic Education, London: Luzak & Company Ltd.
Titus, Harold. H, (1959), Living Issues in
Philosophy: An Introductory Book of Readings, New York: The Mac Millan Company.
Zuhairini dkk.
(1995), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar