a.
Ada
beberapa prinsip yang berlaku dalam penelitian tindakan, di antaranya :
(1)
Tindakan dan proses penelitian tidak boleh
mengganggu kegiatan utama dalam proses pembelajaran, misalnya guru
mengorbankan kegiatan proses belajar mengajar.
(2)
Dalam Penelitian harus menggambarkan ada
masalah, dan cara mengobatinya melalui Metode/Teknik/Pemdekatan/Strategi
Pembelajaran.
(3) Peneliti
harus tetap memperhatikan etika dan tata krama penelitian serta rambu –
rambu pelaksanaan yang berlaku umum. Bersifat APIK
b.
Penelitian tindakan mempunyai karakteristik tertentu,
yaitu :
(1)
Permasalahan muncul dari lapangan, kondisi nyata
di sekolah atau kelas,
(2)
Bersifat situasional, yaitu diagnosis masalah
dalam konteks tertentu, misalnya kelas atau sekolah, dan berupaya
menyelesaikannya dalam konteks itu.
(3)
Upaya kolaboratif, yaitu suatu satuan kerja
dengan perspektif berbeda, misalnya guru demi peningkatan mutu profesionalnya,
dan siswa peningkatan prestasi belajarnya. Kerjasama ini dengan sendirinya juga
partisipatori.
(4)
Memanfaatkan data pengamatan dan perilaku empirik,
seperti menelaah ada tidaknya kemajuan, sementara proses pembelajaran berjalan
terus, informasi dikumpulkan, dioleh, didiskusikan, dinilai bersama
kolaborator.
2.
Penelitian Tindakan Kelas
a.
Pada prinsipnya pelaksanaan PTK merupakan siklus, yang
menurut Kemmis & Taggart ( 1988 ) mencakup empat langkah, yaitu :
(1)
Merumuskan masalah dan merencanakan tindakan
(2)
Melaksanakan tindakan dan mengamatinya / memonitoring
(3)
Merefleksi hasil pengamatan
(4)
Berdasarkan hasil refleksi, direncanakan pengembangan
selanjutnya.
b.
Jangka waktu suatu siklus dan langkah – langkah dalam
siklus tergantung konsteks dan setting permasalahan, bisa dalam hitungan hari
atau minggu, tetapi dapat juga dalam hitungan semester atau tahun.
3. Masalah dan Perencanaan Penelitian
Tindakan Kelas
(1)
ide
awal, karena terdapatnya
kesenjangan yang berlangsung di dalam kelas,
(2)
prasurvei, mengetahui secara detail kondisi yang
terdapat di suatu kelas yang akan diteliti. Guru yang sekaligus sebagai
peneliti tidak perlu melakukan prasurvei sebab guru dan sekaligus sebagai
peneliti di kelasnya sudah mengetahui kondisi kelas yang sebenarnya.
(3)
Diagnosis
(obat), dugaan sementara
mengenai timbulnya masalah yang muncul di kelas. Hasil diagnosis memungkinkan
peneliti menentukan strategi atau perencanaan pemecahan masalah.
4. Analisis dalam Penelitian Tindakan Kelas
a. Analisis dalam PTK dilakukan terhadap dua
jenis data, yaitu (1) data kualitatif dan (2) data (3) kuantitatif. Pada
umumnya dengan menggunakan Prosentase, Jumlah dan rata.2
b. Validasi hipotesis dilakukan setelah
analisis dilakukan. Untuk itu dapat dilakukan teknik yang sesuai, seperti
saturasi, trianggulasi, atau jika perlu menggunakan uji statistik.
5. Bagaimana penyusunan pokok pokok rencana
kegiatan dalam PTK ?
Siklus I
|
Perencanaan
Idenrifikasi masalah dan penetapan alternative pemecahan
masalah
|
*
Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
* Menentukan Materi Pembelajaran
* Mengembangkan scenario pembelajaran
* Menyusun kegiatan pembelajaran
* Menyiapkan sumber belajar
* Mengembangkan
format evaluasi
* Mengembangkan
format observasi
|
Tindakan
|
* Menerapkan
tindakan sesuai skenario
|
|
Pengamatan/Observasi
|
* Melakukan Observasi dengan memakai
format observasi
* Menilai hasil tindakan dengan
menggunakan format observasi
|
|
Refleksi
|
* Melakukan
evaluasi tindakan yang telah dilakukan yang meliputi evaluasi mutu, jumlah
dan waktu, dari setiap tindakan
* Melakukan
pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tentang scenario yang telah
ditentukan
* Memperbaiki
pelaksanaan tindakan sesuai hasil evaluasi, untuk digunakan pada siklus
berikutnya
* Evaluasi/kesimpulan hasil dari
tindakan/siklus I
|
|
Siklus II
|
Perencanaan
|
* Identifikasi masalah dan
Penetapan alternative pemecahan masalah
* Pengembangan Program tindakan
|
Tindakan
|
* Pelaksanaan Program tindakan
|
|
Pengamatan
|
* Pengumpulan Data hasil tindakan
|
|
Refleksi
|
*
Evaluasi dan analisis hasil tindakan
|
|
Siklus
Siklus berikutnya bila pada siklus II tidak berhasil dan dilakukan siklus
yang ke III dengan mencari permasalahan untuk dikembangkan
|
||
Kesimpulan, saran dan rekomendasi
|
6. BAGAIMANA SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS
1.
Laporan hasil penelitian :
A. Bagian
Pembuka :
-
Halaman judul
-
Lembar pengesahan
-
Kata pengantar
-
Daftar isi
-
Daftar lampiran
B. Bagian
Isi
Bab I Pendahuluan
-
Latar belakang masalah
-
Rumusan masalah
-
Tujuan penelitian
-
Pentingnya penelitian
-
Hipotesis penelitian
Bab
II Kajian Teori atau Tinjauan
Kepustakaan
Bab III Metodologi
Penelitian
-
Waktu dan tempat penelitian
-
Populasi dan sampel
-
Instrumen penelitian
-
Pengumpulan data dan analisis data
Bab IV Hasil
Penelitian
Bab V Kesimpulan
dan Saran
C. Bagian
Penunjang / Penutup
-
Daftar Pustaka
-
Lampiran – lampiran
2. Tinjauan / ulasan ilmiah hasil gagasan
sendiri :
A. Bagian
Pendahuluan :
-
Halaman judul
-
Kata pengantar
-
Daftar isi
-
Abstrak
B. Bagian
isi :
-
Uraian mengenai hal yang dipermasalahkan
-
Uraian
teori dan fakta mengenai hal yang dipermasalahkan
-
Tinjauan / ulasan
-
Kesimpulan
C. Bagian
Penunjang
-
Daftar Pustaka
-
Lampiran – lampiran
3. Laporan hasil penelitian tindakan kelas
A. Bagian
Pembuka :
-
Halaman judul
-
Lembar pengesahan
-
Kata pengantar
-
Daftar isi
-
Daftar lampiran
B. Bagian
Isi
Bab I Pendahuluan
-
Latar belakang masalah
-
Identifikasi masalah
-
Pembatasan dan rumusan masalah
-
Tujuan penelitian
-
Manfaat hasil penelitian
Bab II Kajian
Pustaka
-
Kajian teori
-
Kajian hasil penelitian
Bab III Metodologi
/ Metode Penelitian
-
Objek penelitian
-
Setting / Lokasi / Subjek penelitian
-
Metode pengumpulan data
-
Metode analisis data
-
Cara pengambilan kesimpulan
Bab IV Hasil
Penelitian
-
Gambaran selintas tentang setting
-
Uraian penelitian secara umum – keseluruhan
-
Penjelasan per siklus
-
Proses menganalisis data
-
Pembahasan dan pengambilan kesimpulan
Bab V Kesimpulan
dan Saran
-
Kesimpulan
-
Saran untuk tindakan lebih lanjut
C. Bagian
Penunjang / Penutup
-
Daftar Pustaka
-
Lampiran – lampiran
*) penulis adalah anggota TOT dalam
pengembangan profesi guru
*) Buatlah Kelompok bagi yang
berkeinginan untuk menulis dan penyusunan PTK dalam kegiatan Pembelajaran,
dapat dilakukan Pembimbingan di Bumi Mas Block E. No. 22 Madiun
TUGAS INDIVIDU
1. Buatlah Judul :………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
2. latar
belakanga :…………………………………………………………………….
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
3. Tujuan
:………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
4. Manfaat :………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
5. Ruang Lingkup :…………………………………………………………………….
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
6. Rumusan :............................................................................................................
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
7. Hipotesis :............................................................................................................
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
8. Definisi Operasional :
................................................................................................
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
9. Rencana Tindakan :
...................................................................................................
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
10. Teknik Pengumpulan data :
.....................................................................................
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
11. Teknik Analisis Data
:..............................................................................................
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
12. Jadwal Kegiatan :
....................................................................................................
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar