program Tahun Pelajaran supervisi akademik pengawas sekolah
No
|
Jenis Kegiatan/Sub Kegiatan
|
Sasaran
|
Jadwal Waktu
|
Sarana / Media
|
Pendekatan / Metode Yang Digunakan
|
|||||
Jan
|
Feb
|
Mar
|
Aprl
|
Mei
|
Jun
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
1.
|
Penyusun program Tahun Pelajaran supervisi akademik
pengawas sekolah .
Penyusun program rencana kerja akademik (RKA) Tahun
Pelajaran
|
Setiap pengawas sekolah memiliki program pengawas
sekolah
|
Ö
|
Dokumen kebijakan pendidikan laporan hasil identifikasi
masalahruang pertemuan LCD
|
Workshop rapat-rapat diskusi
|
|||||
2.
|
Penumbuhan dan pengembangan kualitas pembelajaran yang
lebih baik.
Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan tindakan
reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
diampu.
Meningkatkan kemampuan guru dalam menguasai standar
kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
Peningkatan dan pengembangan kemampuan guru dalam
pembelajaran.
Meningkatkan kemampuan guru dalam menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Meningkatkan kemampuan guru dalam berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun dengan sesama pendidik, tenaga kependiduikan,
orang tua dan masyarakat.
Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara
kreatif.
Peningkatan pencapaian perolehan mutu prestasi siswa.
Meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
|
Guru-guru sekolah binaan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Prota Promes RKA-RKM Program referensi pembinaan
jurnal pengawas
|
Supervisi personal, supervisi kelompok, supervisi
klinis, workshop seminar rapat-rapat diskusi kolaborasi tanya jawab.
|
||
3.
|
Pengukuran dan penilaian terhadap kinerja guru dalam
supervisi akademik.
Pengolahan dan penyajian hasil temuan hasil pembinaan
guru dalam supervisi akademik.
|
Setiap pengawas sekolah menyusun laporan kepengawasan
sekolah tiap semester.
|
Ö
|
Instrumen pengamatan komputer
|
Tes (quis) Wawancara
Observasi
|
|||||
4.
|
Perbaikan sistem pembelajaran lebih baik pada program
berikutnya dalam supervisi akademik.
|
Program tindak lanjut supervisi akademik dilakukan oleh
setiap pengawas sekolah
|
Ö
|
Instrumen yang telah terisi
|
Analisa statistik
Analisa kuantitatif
Analisa kualitatif
|
|||||
5.
|
Penyusunan program semester supervisi manajerial
pengawas sekolah .
Penyusunan program semester supervisi manajerial
pengawas sekolah Tahun Pelajaran .
Penyusunan program rencana kerja manajerial (RKM) Tahun
Pelajaran .
|
Setiap pengawas sekolah memiliki program pengawas
sekolah
|
Ö
|
Dokumen kebijakan pendidikan
Laporan hasil identifikasi masalah ruang pertemuan LCD
|
Workshop rapat-rapat
Diskusi
|
|||||
6.
|
Pelaksanaan supervisi manajerial untuk meningkatkan dan
mengembangkan kemampuan kepala skeolah dan TU dalam pengelolaan sekolah Tahun
Pelajaran
Meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah agar
mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dnegan kebutuhan.
Meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah agar memimpin
sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara
optimal.
|
Kepala sekolah binaan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Prota
Promes
RKA-RKM
Program Referensi pembinaan
Jurnal pengawas
|
Supervisi personal
Supervisi kelompok
Supervisi klinis
Workshop Seminar
Rapat-rapat
Diskusi
Kolaborasi
Tanya jawab
|
||
7.
|
Pengukuran dan memberikan penilaian terhadap kinerja
kepala sekolah dalam supervisi manajerial Tahun Pelajaran .
Pengolahan dan penyajian hasiul temuan hasil pembinaan
kepala sekolah dalam supervisi manajerial Tahun Pelajaran
|
Setiap pengawas sekolah menyusun laporan kepengawasan
sekolah tiap semester.
|
Ö
|
Instrumen pengamatan komputer
|
Tes (quis)
Wawancara
Observasi
|
|||||
8.
|
Peningkatan kemampuan kepala sekolah pada program
berikutnya Tahun Pelajaran
Perbaikan sistem pengelolaan sekolah leih baik pada
program berikutnya dalam supervisi manajerial Tahun Pelajaran .
|
Program tindak lanjut supervisi manajerial dilakukan
oleh setiap pengawas sekolah.
|
Ö
|
Instrumen yang telah terisi
|
Analisa statistik
Analisa kuantitatif
Analisa kualitatif
|
|||||
9.
|
Penyusunan program semester pamantauan 8 standar
nasional pendidikan pegawas sekolah Tahun Pelajaran
Penyusunan program semester pemantauan 8 standar nasional
pendidikan pengawas sekolah Tahun Pelajaran .
|
Delapan komponen SNP dapat terpantau oleh pengawas
sekolah
|
Ö
|
Dokumen kebijakan pendidikan
Laporan hasil identifikasi masalah
Ruang pertemuan
LCD
|
Workshop
Rapat-rapat
Diskusi
|
|||||
10.
|
Pelaksanaan pemantauan delapan standar nasional
pendidikan Tahun Pelajaran
|
Seluruh bidang pendidikan di sekolah, yaitu :
Kependidikan
Standar sarana dan prasarana
Standar pengelolaan
Standar pembiayaan
Standar penilaian
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Instrumen SNP
|
Observasi
Wawancara
|
||
11.
|
Pengukuran dan pemberian penilaian terhadap delapan
standar nasional pendidikan Tahun Pelajaran
Pengolahan dan penyajian hasil temuan hasil pemantauan
delapan standar nasional pendidikan Tahun Pelajaran
|
Setiap pengawas sekolah menyusun laporan hasil
pemantauan tiap semester
|
Ö
|
Instrumen SNP
|
Analisa statistik
Analisa kuantitatif
Analisa kualitatif
|
|||||
12.
|
Peningkatan pemantauan delapan standar nasional
pendidikan Tahun Pelajaran .
Perbaikan sistem pemantauan delapan standar nasional
pendidikan.
|
Program tindak lanjut pemantauan dilakukan oleh setiap
pengawas sekolah.
|
Instrumen yang telah terisi
|
Analisa statistik
Analisa kuantitatif
Analisa kualitatif
|
||||||
13.
|
Penyusunan program penilaian kinerja guru dan kepala
sekolah untuk pembinaan Tahun Pelajaran
|
Program penilaian kinerja guru, kepala sekolah dan
sekolah
|
Ö
|
Dokumen kebijakan pendidikan
Laporan hasil identifikasi masalah
Ruang pertemuan
LCD
|
Workshop
Rapat-rapat
Diskusi
|
|||||
14.
|
Pemberian penilaian kinerja guru dan kepala sekolah dan
akreditasi sekolah untuk pembinaan semesterGenap
Pengukuran dan pemberian penilaian kinerja guru dan
kepala sekolah dan akreditasi sekolah untuk pembinaan Tahun Pelajaran
|
Guru,
Kepala sekolah, sekolah binaan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Instrumen penilaian kinerja guru
Instrumen penilaian kinerja kepala sekolah
Instrumen penilaian kinerja sekolah
|
Observasi
Wawancara
|
|
15.
|
Pengolahan dan menyajikan hasil temuan hasil program
penlaian kinerja guru dan kepala sekolah dan akreditasi sekolah untuk
pembinaan Tahun Pelajaran
|
Guru, kepala sekolah, sekolah binaan
|
Ö
|
Instrumen penilaian kinerja guru dan kepala sekolah dan
akreditasi sekolah
|
Analisa statistik
Analisa kuantitatif
Analisa kualitatif
|
|||||
16.
|
Perbaikan sistem program penilaian kinerja guru dan
kepala sekolah dan akreditasi sekolah untuk pembinaan Tahun Pelajaran
|
Guru,
Kepala sekolah, sekolah binaan
|
Ö
|
Instrumen yang telah terisi
|
Analisa statistik
Analisa kuantitatif
Analisa kualitatif
|
|||||
17.
|
Menyusun laporan Tahun Pelajaran
|
Laporan Tahun Pelajaran
|
Ö
|
Dokumen kepengawasan komputer
|
Analisis kualitatif
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar