RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
RANCANGAN TUGAS TUTORIAL
KRITERIA PENILAIAN
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
RANCANGAN TUGAS TUTORIAL
KRITERIA PENILAIAN
Mata Kuliah :
KONSEP DASAR IPS
KODE MtK : PDGK 4102
Oleh : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd
NIP : 19620615 198702 1 004
UNIT PROGRAM
BELAJAR JARAK JAUH
(UPBJJ)
UNIVERSITAS TERBUKA
SURABAYA
RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata kuliah/Kode MK : KONSEP DASAR IPS / PDGK 4102
Semester / SKS : 1/PGSD/4
SKS
Nama Tutor : Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Deskripsi Mata kuliah : Setelah
mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan Konsep Dasar IPS secara
komprehensif
.
Kompetensi Umum
: Dapat memahami, dan
dapat menjelaskan tentang Konsep Dasar IPS.
No
|
Kompetensi Khusus
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Uraian tugas Tutorial dan Bobot Nilai
|
Estimasi Waktu
|
Daftar Pustaka
|
Tutorial ke
|
1
|
Dapat menjelaskan Konsep Dasar IPS secara
komprehensif
|
Konsep Dasar IPS
|
1. Landasan filosofis, psikologis, dan sosiologis pendidikan SD.
2. Landasan historis, idiologis, dan yuridis pendidikan SD.
|
1.
Menjelaskan landasan
filosofis, psikologis dan sosiologis.
2. Menjelaskan landasan historis, ideologis dan yuridis-antropologis
pendidikan SD.
|
120
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
1
|
2
|
Dapat menjelaskan perkembangan pendidikan Sekolah Dasar (SD).
|
Perkembangan pendidikan Sekolah
Dasar.
|
1.
Perkembangan pendidikan
SD di era Orde Baru.
2.
Perkembangan pendidikan
SD di era Reformasi
|
3.
Menjelaskan perkembangan
pendidikan SD di era Orde Baru.
4.
Menjelaskan perkembangan
pendidikan SD di era Reformasi.
|
120
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
2
|
3
|
Tugas tutorial ke: 1(satu) Dan dapat
menjelaskan Karakteristik perkembangan siswa Sekolah Dasar.
|
Tugas tutorial ke- 1(satu) dan membahas
karakteristik perkembangan siswa Sekolah Dasar.
|
1. Pelaksanaan tugas tutorial ke: 1(satu).
2. Membahas karakteristik perkembangan fisik, motorik, emosi dan sosial anak
SD.
|
1.
Mahasiswa mengumpulan tugas tutorial ke: 1(satu)
2.
Membahas
karakteristik perkembangan intelektual, bahasa, moral, dan spiritual anak.
|
60 menit
60 menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
3
|
4
|
Dapat menjelaskan karakteristik
belajar siswa dan layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
|
Karakteristik belajar siswa dan
layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
|
1. Bentuk-bentuk kegiatan belajar siswa SD.
2. Motivasi belajar siswa Sekolah Dasar
|
3. Memnjelaskaan bentuk-bentuk kegiatan belajar siswa SD.
4. Memberikan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar
|
120
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
4
|
5
|
Tugas tutorial ke: 2(dua) dan
menjelaskan sistem layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
|
Tugas tutorial ke: 2(dua) dan
membahas sistem layanan pendidikan bagi siswa SD.
|
1. Pelaksanaan tugas tutorial ke: 2(dua)
2.
Prinsip-prinsip bimbingan di SD.
|
3. Mahasiswa melaksanaan tugas tutorial ke: 2(dua) dan
4. Penerapan berbagai layanan pendidikan untuk anak SD.
|
120
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
5
|
6
|
Dapat
menjelaskan, pengertian, pijakan dan tahap perkembangan anak pada
sentra persiapan di KB dan TPA.
|
Kompetensi Guru dan Kurikulum di
Sekolah Dasar.
|
1.
Profil kompetensi Guru
Sekolah Dasar
2. Kompetensi Guru dan hakikat kurikulum di SD
|
3. Menjelaskan tentang forum peningkaatan profesionalitas Guru.
4. Menjelaskan karakteristik Mata pelajaran di SD.
|
120
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
6
|
7
|
Tugas tutorial ke: 3(tiga).
Menjelaskan pengelolaan bahan belajar dan potret pembelajaran di SD.
|
Tugas tutorial ke: 3(tiga).
Menjelaskan pengelolaan bahan belajar dan potret pembelajaran di SD.
|
1. Pelaksanaan tugas tutorial ke: 3(tiga)
2. Menjelaskan sistem pembelajaran dan potret pembelajaran di SD
|
1.
Mahasiswa mengerjakan
tugas tutorial ke: 3(tiga)
2.
Menjelaskan tentang
pembaharuan pembelajaran yang di terapkan di SD.
|
120
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
7
|
8
|
Dapat
mengkaji kembali, materi dari modul 5 – 12 dan pembahasan
soal-soal latihan / evaluasi program pembelajaran di
SD
|
Evaluasi program pembelajaran dan
sumber daya di SD, Mengkaji
kembali materi dan soal-soal latihan dari modul 5 – 12
|
Pembahasan
evaluasi belajar di SD dan membahas soal-soal latihan
untuk persiapan menghadapi Ujian Akhir
Semester.
|
Pembahasan
soal-soal latihan dari modul 5-12 untuk persiapan mengahadapi Ujian
Akhir Semester (UAS).
|
120
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
8
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615
198702 1 004
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK : PDGK
4102 Semester : 1 (satu)
Judul MK : KONSEP
DASAR IPS Lokasi :
SDN BERAN NGAWI
Tutor :
Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd. Kode Kelas :
BI / PGSD
Pertemuan Ke
|
Materi
|
Tanggal
|
Catatan Kegiatan
|
Untuk ditindaklanjuti
|
Tanda tangan
|
|
Tutor
|
Ketua Kelas
|
|||||
1
|
KONSEP DASAR IPS dan Konsep Dasar IPS.
|
20-04-2014
|
Mahasiswa belum membaca modul, karena modul baru dibagi
paada saat pertemuan pertama
|
a. Membahas materi esensial dengan peta konsep yang telah dipersiapkan oleh
tutor tentang perspektif pendidikan di SD.
b.
Dan Landasan
pendidikan di SD.
|
||
2
|
Karakteristik dan perkembangan Pendidikan Sekolaah
Dasar.
|
27-04-2014
|
Mahasiswa bersama tutor membahas tentang karakteristik
dan perkembangan pendidikan anak SD.
|
a. Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan materi yang telah dibahas dengan
tutor tentang karakteristik dan perkembangan pendidikan anak SD
|
||
3
|
Tugas Tutorial ke: I, Modul 1 s/d 3
Karakteristik perkembangan siswa Sekolah Dasar.
|
04-05-2014
|
Tugas I, dari tutorial pada mahasiswa, dari modul 1 s/d 3. Mahasiswa dan tutor
membahas karaktristik perkembangan siswa Sekolah Dasar.
|
a. Mahasiswa mengajarkan tugas tutorial ke: 1 selama 60 menit
b. Mahasiswa dan tutor membahas karakteristik perkembangan siswa SD
|
||
4
|
Karakteristik belajar siswa dan layanan pendidikan bagi
siswa SD.
|
11-05-2014
|
Mahasiswa dan tutor membahas tentang Karakteristik belsjsr siswa dan Layanan
pendidikan bagi siswa SD.
|
a. Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang Karakteristik Belajar
Siswa dan Layanan Pendidikan bagi siswa SD
|
||
5
|
Tugas tutorial ke II.
Kompetensi Guru dan kurikulum Sekolah Dasar
|
18-05-2014
|
Tugas ke II selama 60 menit, dan membahas tentang
Kompetensi Guru dan kurikulum Sekolah Dasar
|
Mahasiswa mengerjakan tugas tutorial ke : II selama 60 menit, dan dilanjutkan membahas tentang
Kompetensi Guru dan kurikulum sekolah Dasar.
|
||
6
|
Bahan belajar dan Potret pembelajaran di Sekolah Dasar
|
25-05-2014
|
Mahasiswa bersama tutor membahas tentang
bahan belajar dan petret pembelajaran di SD
|
Mahasiswa dapat menentukan penataan bahan
belajar dan pottret pembelajaran di Sekolah Dasar
|
||
7
|
Tugas tutorial ke: III
Potret pembelajaran dan Evaluasi program
pembelajaran di Sekolah Dasar
|
01-06-2014
|
Mengerjaan tugas ke: III
Dan membahas tentang Potret pembelajaran dan
Evaluasi program
pembelajaran di Sekolah Dasar
|
Mahasiswa mengerjaan
tugas ke: III selama 60 menit.
Dan membahas
tentang Potret pembelajaran dan Evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar
|
||
8
|
Evaluasi dan Sumber Daya Sekolah Dasar
|
08-06-2014
|
Mahasiswa bersama tutor membahas soal-soal latihan dan membahas
persiapan materi untuk menghadapi UAS.
|
Mahasiswa bersama tutor membahas
materi persiapan Ujian Akhir Semester (UAS).
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615 198702 1 004
SATUAN ACARA TUTORIAL
(Pertemuan ke: 1)
Kode/nama Mata Kuliah/SKS :
PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi
Umum : Membahas Ruang Lingkup Perkembangan Pendidikan Sekolah
Dasar
Kompetensi Khusus :
Dapat menjelaskan Ruang Lingkup Perkembangan
Pendidikkan Sekolah Dasar Era Orde Baru.
Pokok Bahasan :
Ruang Lingkup Perkembangan Pendidikan Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan :
1. Perkembangan Pendidikan Sekolah Dasar
di Era Orde Baru.
2. perkembangan
Pendidikan Sekolah Dasar di Era Reformasi.
Model Tutorial :
Latihan keterampilan dan inkuiri
TAHAP
KEGIATAN
|
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
|
TUTOR
|
MAHASISWA
|
|||
I.
Tahap Pendahuluan
|
1.
Apersepsi berupa penyampaian tujuan tutorial, tentang
KONSEP DASAR IPS
2.
Membentuk kelompok
3.
Menyampaikan tugas yang perlu dikerjakan mahasiswa selama
tutorial.
|
1. Dapat menjelaskan Konsep Dasar IPS (SD)
2.
Membentuk kelompok
3. Mencatat hal-hal penting tentang Landasan
filosofis, psikologis, dan
sosiologis-antropologis pendidikan SD
|
20
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
II.
Tahap Pelaksanaan/
Penyajian
|
1.
Menyajikan pokok materi modul tentang Batasan dan teori
perkembangan sosial emosional pada anak.
2.
Membimbing diskusi, tanya jawab, silang tanya tentang landasan pendidikan di SD
yang
sedang dibahas sampai semua mahasiswa mendapat peluang yang sama untuk
menjawab dan bertanya
|
1.
Menyimak, mencatat hal-hal penting dan mendalami sajian
tutor tentang materi yang dibahas
2.
Menjawab, bertanya serta berbagi ide dalam diskusi tentang
hal-hal yang belum dipahami berkaitan materi landasan
historis, ideologis, dan yuridis pendidikan SD
|
70 menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
III.
Tahap Penutup
|
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan
silang tanya,menyimpulkan materi yang sedang dibahas serta menyampaikan
informasi tentang tugas untuk pertemuan
berikutnya yaitu membuat perencanaan asesmen ruang
lingkup tentang Karakteristik Pendidikan SD
|
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan dan
mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu membuat perencanaan
asesmen tentang karakteristik pendidikan di SD
|
30
menit
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615 198702 1 004
SATUAN ACARA TUTORIAL
(SAT Pertemuan ke 2)
Kode/nama Mata Kuliah/SKS :
PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor :
Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi
Umum : Dapat
memahami dan mengkaji Karakteristik
Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
Kompetensi Khusus :
Dapat menjelaskan, dan mengkaji Karakteristik
Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
Pokok Bahasan :
Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
Sub Pokok Bahasan : 1.
Karakteristik perkembangan fisik, motorik, emosi dan sosial anak.
2.Karakteristik
perkembangan intelektual, bahasa, moral
dan spiritual.
Model Tutorial :
Latihan keterampilan dan inkuiri
TAHAP
KEGIATAN
|
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
|
TUTOR
|
MAHASISWA
|
|||
I.
Tahap Pendahuluan
|
Mengadakan
tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa tentang Karakteristik
Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
|
Mengemukakan pendapat, menjawab, dan
silang tanya tentang perencanaan asesmen Karakteristik Perkembangan Siswa
Sekolah dasar.
|
20
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
II.
Tahap Pelaksanaan/
Penyajian
|
a.Menyajikan pokok
materi tentang perencanaan Karakteristik
Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
b.Membimbing presentasi, diskusi,
tanya jawab, tentang karakteristik
belajar siswa Sekolah Dasar.
|
a. Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu; Karakteristik Perkembangan Siswa
Sekolah dasar.
b. Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya jawab, silang tanya
untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas.
|
70 menit
|
|
III.
Tahap Penutup
|
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan
silang tanya,menyimpulkan materi yang sedang dibahas serta menyampaikan
informasi tentang tugas untuk pertemuan
berikutnya yaitu membuat perencanaan asesmen pengelolaan
lingkungan belajar siswa Sekolah Dasar (SD)
|
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan,
mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu mengumpulkan data,
merencanakan, membuat, melaksanakan, menganalisis data tentang karakteristik
beelajar siswa SD.
|
30
menit
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615 198702 1 004
SATUAN ACARA TUTORIAL
(SAT Pertemuan ke 3)
Kode/nama Mata Kuliah/SKS :
PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi
Umum : Dapat
memahami dan mengkaji Karakteristik Belajar
Siswa Sekolah Dasar
Kompetensi Khusus :
Dapat menjelaskan dan melaksanakan perencanaan pelaksanaan kegiatan
pengembangan belajar siswa SD
Pokok Bahasan :
Karakteristik Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan :
1. Bentuk-bentuk kegiatan belajar siswa
SD. dan 2. Motivasi Belajar Siswa.
Model Tutorial :
Latihan keterampilan dan inkuiri
TAHAP
KEGIATAN
|
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
|
TUTOR
|
MAHASISWA
|
|||
I.
Tahap Pendahuluan
|
Mengadakan reviu dan tanya jawab materi yang
telah dibahas sebelumnya dan mahasiswa diberi
tugas tutorial dengan meminta
mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan data tentang
karakteristik belajar siswa SD yang telah dibuat dan dilaksanakan
|
Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya dan mahasiswa
diberi tugas tutorial dan
hasil pengumpulan data perencanaan pelaksanaan kegiatan pengembangan belajar
siswa SD yang telah dilaksanakan
|
60
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
II.
Tahap Pelaksanaan/
Penyajian
|
a.
Menyajikan pokok materi
tentang Karakteristik Perkembangan Belajar Siswa Sekolah dasar.
b.
Membimbing presentasi,
diskusi, tanya jawab, silang tanya tentang perencanaan pelaksanaan kegiatan pengembangan belajar
siswa SD, dan semua mahasiswa
mendapat peluang yang sama untuk presentasi, menjawab maupun bertanya. Dan
mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial
|
a. Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu tentang Karakteristik
Perkembangan Siswa Sekolah dasar..
b. Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya jawab, silang tanya
untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas
tentang Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar. Dan mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial
|
40 menit
|
|
III.
Tahap Penutup
|
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan
silang tanya,menyimpulkan materi yang sedang dibahas serta menyampaikan
informasi tentang tugas untuk pertemuan
berikutnya yaitu membuat perencanaan asasmen perkembangan belajar dan Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar..
|
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan,
mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu mengumpulkan data,
merencanakan, membuat, melaksanakan, menganalisis data perencanaan pelaksanaan
kegiatan belajar siswa SD.
|
20
menit
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615 198702 1 004
SATUAN ACARA TUTORIAL
(SAT Pertemuan ke 4)
Kode/nama Mata Kuliah/SKS :
PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum :
Dapat memahami Karakteristik belajar dan
Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
Kompetensi Khusus :
Dapat menjelaskan Karakteristik belajar
dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
Pokok Bahasan :
Karakteristik belajar siswa Sekolah
Dasar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan :
Bentuk-bentuk kegiatan belajar yang biasa dilakukan siswa SD, dan
Prinsip-prinsip Bimbingan di Sekolah Dasar.
Model Tutorial :
Latihan keterampilan dan inkuiri
TAHAP
KEGIATAN
|
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
|
TUTOR
|
MAHASISWA
|
|||
I.
Tahap Pendahuluan
|
Mengadakan
reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa
tentang Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa
Sekolah Dasar., dengan
meminta mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan data, serta rencana,
pelaksanaan, analisis data yang telah dibuat dan dilaksanakan
|
Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya tentang
hasil pengumpulan data tentang Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan
bagi siswa Sekolah Dasar yang telah
dibuat dan dilaksanakan
|
20
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
II.
Tahap Pelaksanaan/
Penyajian
|
a.
Menyajikan pokok materi tentang bentuk-bentuk
kegiatan belajar yang biasa dilakukan siswa Sekolah Dasar.
b.
Membimbing presentasi, diskusi, tanya jawab, silang tanya
tentang materi yang dibahas yaitu Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar dan semua mahasiswa
mendapat peluang yang sama untuk presentasi, menjawab maupun bertanya
|
a.
Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang
belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
b.
Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya
jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas tentang berbagai layanan pendidikan untuk anak Sekolah Dasar.
|
70 menit
|
|
III.
Tahap Penutup
|
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan
silang tanya, menyimpulkan materi yang
dibahas, menyampaikan informasi
tentang tugas pada pertemuan
berikutnya yaitu mengumpulkan data dan merencanakan, membuat,
melaksanakan, menganalisis data berbagai layanan
pendidikan untuk anak SD
|
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan,
mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu mengumpulkan data,
merencanakan, membuat, melaksanakan, menganalisis data berbagai layanan
pendidikan anak SD.
|
30
menit
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615 198702 1 004
SATUAN ACARA TUTORIAL
(SAT Pertemuan ke 5)
Kode/nama Mata Kuliah/SKS :
PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor :
Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum :
Dapat memahami Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
Kompetensi Khusus :
Dapat menjelaskan tentang Profil
Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
Pokok Bahasan :
Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan :
Forum Peningkatan
Profesionalitas Guru, dan Karakteristik mata pelajaran Sekolah Dasar.
Model Tutorial :
Latihan keterampilan dan inkuiri
TAHAP
KEGIATAN
|
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
|
TUTOR
|
MAHASISWA
|
|||
I.
Tahap Pendahuluan
|
Mengadakan
reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa
tentang Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar dengan meminta mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan
data serta rencana, pelaksanaan,
analisis tentang Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah
Dasar. dan
mahasiswa diberi tugas tutorial
|
Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya tentang Profil
Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.yang telah dibuat dan
dilaksanakan dan
mahasiswa diberi tugas tutorial
|
60
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
II.
Tahap Pelaksanaan/
Penyajian
|
a.
Menyajikan pokok materi tentang Profil
Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
b.
Membimbing presentasi, diskusi, tanya jawab, silang tanya
tentang materi yang dibahas yaitu Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar semua mahasiswa
mendapat peluang yang sama untuk presentasi, menjawab maupun bertanya. Dan mahasiswa
mengerjakan Tugas Tutorial
|
a.
Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang
belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu tentang Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
b.
Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya
jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas. Dan mahasiswa
mengerjakan Tugas Tutorial
|
40 menit
|
|
III.
Tahap Penutup
|
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan
silang tanya, menyimpulkan materi yang
dibahas, menyampaikan informasi
tentang tugas pada pertemuan
berikutnya yaitu mengumpulkan data dan merencanakan, Forum
Peningkatan Profesionalitas Guru, dan
Karakteristik mata pelajaran Sekolah Dasar.
|
Menyimak,
mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang
diberikan tutor yaitu mengumpulkan data, merencanakan, dan membuat
Forum Peningkatan Profesionalitas
Guru, dan Karakteristik mata pelajaran Sekolah Dasar.
|
20
menit
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615 198702 1 004
SATUAN ACARA TUTORIAL
(SAT Pertemuan ke 6)
Kode/nama Mata Kuliah/SKS :
PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum :
Dapat memahami sistem pengelolaan bahan belajar dan potret pembelajaran di
Sekolah Dasar
Kompetensi Khusus :
Dapat menjelaskan, mengkaji, menerapkan, mengevaluasi pengelolaan bahan
belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
Pokok Bahasan :
Pengelolaan bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
Sub Pokok Bahasan :
Pengembangan bahan ajar di Sekolah dasar, dan Pembaharuan pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Dasar.
Model Tutorial :
Latihan keterampilan dan inkuiri
TAHAP
KEGIATAN
|
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
|
TUTOR
|
MAHASISWA
|
|||
I.
Tahap Pendahuluan
|
Mengadakan
reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa
tentang bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar dengan meminta
mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan data yang telah dibuat dan
dilaksanakan
|
Mengemukakan
pendapat, menjawab, silang tanya tentang hasil pengumpulan data bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar yang telah dibuat dan
dilaksanakan secara terpadu.
|
20
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
II.
Tahap Pelaksanaan/
Penyajian
|
a.
Menyajikan pokok materi tentang bahan
belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
b.
Membimbing presentasi, diskusi, tanya jawab, silang tanya
tentang materi yang dibahas yaitu bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar dan mahasiswa mendapat
peluang yang sama untuk presentasi, menjawab maupun bertanya
|
a.
Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang
belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
b.
Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya
jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas.
|
70 menit
|
|
III.
Tahap Penutup
|
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan
silang tanya, menyimpulkan materi yang
dibahas, menyampaikan informasi
tentang tugas pada pertemuan
berikutnya yaitu mengumpulkan data,
dan
merencanakan Pengembangan bahan ajar di Sekolah dasar, dan
Pembaharuan pembelajaran yang
diterapkan di Sekolah Dasar.
|
Menyimak,
mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang
diberikan tutor yaitu mengumpulkan data,
dan merencanakan, Pengembangan
bahan ajar di Sekolah dasar, dan Pembaharuan pembelajaran yang diterapkan di Sekolah Dasar.
|
30
menit
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615 198702 1 004
SATUAN ACARA TUTORIAL
(SAT Pertemuan ke 7)
Kode/nama Mata Kuliah/SKS :
PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum :
Dapat memahami dalam pengelolaan evaluasi
program pembelajaran di Sekolah dasar.
Kompetensi Khusus :
Dapat menjelaskan Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah
Dasar.
Pokok Bahasan :
Hakekat dan Potret Evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan :
Potret Pembelajaran di Sekolah Dasar, dan Potret Evaluasi program pembelajaran
di Sekolah Dasar.
Model Tutorial :
Latihan keterampilan dan inkuiri
TAHAP
KEGIATAN
|
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
|
TUTOR
|
MAHASISWA
|
|||
I.
Tahap Pendahuluan
|
Mengadakan
reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya yaitu tentang
Model perilaku kognitf-afektif dari William dan Model intelektual dari
Guilford, maupun asesmen dan perkembangan perilaku , dengan meminta mahasiswa
untuk mengemukakan hasil pengumpulan data tentang Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di
Sekolah Dasar. dan
mahasiswa diberi tugas tutorial
|
Mengemukakan pendapat, menjawab,
silang tanya tentang hasil pengumpulan data perkembangan perilaku dan
rencana, pelaksanaan, analisis data Model Taksonomi Bloom beserta contohnya, Hakekat
dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar. dan mahasiswa
diberi tugas tutorial
|
60
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
II.
Tahap Pelaksanaan/
Penyajian
|
Menyajikan
pokok materi tentang Hakekat dan potret
evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.
Membimbing presentasi, diskusi dan tanya jawab tentang Hakekat dan potret
evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar. Dan mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial
|
Mencatat
hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas tentang Hakekat dan potret evaluasi program
pembelajaran di Sekolah Dasar.
Presentasi berbagi ide/pendapat dalam diskusi, tanya
jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas. Dan mahasiswa
mengerjakan Tugas Tutorial
|
40 menit
|
|
III.
Tahap Penutup
|
Memberi
penguatan terhadap hasil diskusi dan silang tanya, menyimpulkan materi
yang dibahas, menyampaikan informasi tentang tugas pada
pertemuan berikutnya yaitu membuat
laporan tentang Hakekat dan
potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.
|
Menyimak, mendalami penguatan tutor,
mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu membuat laporan tentang Hakekat dan potret
evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.
|
20
menit
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615 198702 1 004
SATUAN ACARA TUTORIAL
(SAT Pertemuan ke 8)
Kode/nama Mata Kuliah/SKS :
PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum :
Dapat memahami dan mengkaji kembali evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD.
Kompetensi Khusus :
Dapat menjelaskan, mengkaji kembali, reviu sistem evaluasi program pembelajaran
dan sumber daya di SD.
Pokok Bahasan :
Evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan :
Langkah-langkah dan tindak lanjut evaluasi program pembelajaran, dan potret
sumber daya di sekolah dasar.
Model Tutorial :
Latihan keterampilan dan inkuiri
TAHAP
KEGIATAN
|
RINCIAN KEGIATAN
|
WAKTU
|
MEDIA/SUMBER BELAJAR
|
|
TUTOR
|
MAHASISWA
|
|||
I.
Tahap Pendahuluan
|
Mengadakan
reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa
tentang pelaporan perkembangan sosial emosional dengan meminta mahasiswa
untuk mengemukakan hasil laporan evaluasi program
pembelajaran dan sumber daya di SD.
|
Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya tentang
hasil laporan perkembangan evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di
SD.
|
20
menit
|
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS. Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
|
II.
Tahap Pelaksanaan/
Penyajian
|
a.
Membimbing mahasiswa untuk mengkaji kembali evaluasi program pembelajaran dan
sumber daya di SD..yang
telah dipelajari dan dilaksanakan mahasiswa
b.
Membimbing diskusi, tanya jawab
tentang evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD dan semua mahasiswa
mendapat peluang yang sama untuk mengkaji kembali, menjawab maupun bertanya
|
a.
Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang
belum dipahami berkaitan dengan evaluasi program
pembelajaran dan sumber daya di SD.
b.
Mengkaji kembali dalam bentuk tulisan, diskusi, tanya
jawab, silang tanya tentang evaluasi program
pembelajaran dan sumber daya di SD yang telah dipelajari, mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam modul bersama tutor.
|
70 menit
|
|
III.
Tahap Penutup
|
Memberi penguatan hasil diskusi dan silang tanya,
menyimpulkan materi yang dibahas,
menyampaikan informasi dan menghimbau pada mahasiswa untuk mempelajari soal-soal dan persiapan Ujian
Akhir Semester (UAS).
|
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan,
mencatat simpulan maupun himbauan dari tutor untuk persiapan menghadapi Ujian Akhir Semester
(UAS).
|
30
menit
|
Mengetahui:
Ngawi, 8
Desember 2014
Kepala UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd Drs.
ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615
198702 1 004
CATATAN PERTEMUAN TUTORIAL
Kode MK : PDGK 4102 Semester :
1 (satu)
Judul MK : KONSEP DASAR IPS Lokasi :
SDN BERAN NGAWI
Tutor :
Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd. Kode
Kelas : S1 / PGSD
Pertemuan Ke
|
Materi
|
Tanggal
|
Catatan Kegiatan
|
Untuk ditindaklanjuti
|
Paraf
|
|
Tutor
|
Ketua Kelas
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
.
|
|||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
Mengetahui: Ngawi : ........................................................
2014
Kepala
UPBJJ-UT Surabaya TUTOR
Prof.
Dr. RUSIJONO, M.Pd Drs. ADI SUPRAYITNO.
M.Pd.
NIP: 19610211 198601 1 001 NIP : 19620615
198702 1 004
Bang Boleh Minta File Wordnya dong..???
BalasHapusMas bs mt file wordnya ya
BalasHapusMakasih Pak Adi sangat membantu kami..semoga berkah..!
BalasHapusPak boleh minta file Rat-sat ini k
BalasHapus