Meningkatkan
Prestasi Belajar Geografi Melalui Teknik Creativity Approach Learning pada siswa Kelas X Semester Genap di SMA
Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah satu usaha pemerintah dalam mencapai tujuan
tersebut adalah dengan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, secara
ideal, pengajaran yang diharapkan adalah pengajaran yang efektif, karena
kreatifan merupakan suatu tolak ukur dalam mencapai tujuan. Dengan demikian
dikatakan bahwa efektif atau tidaknya sesuatu hal dapat menyebabkan tercapainya
tujuan yang handal di capai
Proses belajar mengajar yang bermuara pada suatu hasil
yang sesuai dengan kompetensi dasar mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi
siswa, namun demikian hasil yang telah dicapai siswa diharapkan dapat digunakan
dikemudian hari, baik selama siswa disekolah maupun meninggalkan bangku
sekolah. Hasil belajar yang telah diperoleh, disimpan untuk kemudian digali
dari ingatan pada saat dibutuhkan
Dalam rangka belajar mengajar di sekolah, mata
Pelajaran Geografi merupakan bidang
pelajaran efektif, artinya mata Pelajaran Geografi selain mengharuskan siswa
menguasai teori ilmu pengetahuan, siswa juga harus secara aktif menerapkan sikap
yang berdasarkan landasan teori ilmu pengetahuan yang dikuasai itu, dalam
kehidupan sehari-hari, dan dapat digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan
dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa
Indonesia
Disamping itu pengajaran dalam Mata Pelajaran Geografi
juga dimaksudkan guna membekali siswa dengan budi pekerti, pengetahuan dan
kemauan untuk mengembangkan kemampuan dasar yang berkenaan dengan hubungan
antar warga negara dengan negara serta pendidikan bela negara agar menjadai
warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara, secara umum fungsi
pengajaran dalam Mata Pelajaran Geografi seperti tercantum dalam GBPP mata
Pelajaran Geografi adalah :
1. Mengembangkan potensi Wilayah
dan perwilayahan. secara dinamis dan terbuka.
2.
Mengembangkan dan membina manusia Indonesia seutuhnya
3.
Membina pemahaman dan kesadaran bahwa Wilayah dan
perwilayahan. sangat berpengaruh
terhadap kehidupan
Melalui Teknik Pembelajaran Creativity Approach
Learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik)
diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar sesuai materi atau topik
yang dibahas. Pembelajaran akan lebih terasa memperoleh hasil dan akan membantu
siswa untuk mengurangi keadaan lupa dan akhirnya diharapkan memperoleh hasil
yang optimal. Sedangkan guru dalam pembelajaran tersebut memungkinkan siswa
sehingga materi pembelajaran mudah diserap oleh siswa. Sehingga penulis
mengambil judul : Meningkatkan Prestasi
Belajar Geografi Melalui Teknik Creativity Approach Learning pada
siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan itulah maka
identifikasi masalahnya yaitu sebagai berikut :
1.
Tentang Teknik Creativity Approach Learning
Teknik ini pada prinsipnya ialah memberikan kesempatan pada
siswa kelompok atas memberi pelajaran bagi siswa kelompok bawah, sehingga akan
terjadi kerja sama antara siswa kelompok atas maupun siswa kelompok bawah dalam
menyelesaikan tugas-tugas akademik
2.
Tentang Prestasi Belajar
Prestasi belajar disini dapat diartikan sebagai suatu hasil
yang diperoleh siswa setelah proses belajar mengajar berlangsung dan dijadikan
tokok ukur keberhasilan siswa dalam menguasai dan memahami materi pelajaran
yang diterima
C. Pembatasan Masalah
Untuk menghindari kesalah pahaman dan meluasnya masalah akan peneliti
berikan batasan permasalahan, dalam penelitian ini batasan masalahnya adalah
sebagai berikut :
a.
Penelitian mengenai manfaat penggunaan Teknik
Creativity Approach Learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan
Kreativitas peserta didik) dalam peningkatan prestasi belajar, dalam Mata
Pelajaran Geografi hanya terbatas pada siswa Kelas X Semester Genap di SMA
Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015
b.
Prestasi belajar dibatasi pada ulangan harisn yang
berlaitan dengan Wilayah dan perwilayahan.
D. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
“Dapatkah Teknik Creativity Approach Learning
(pendekatan pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik)
digunakan dalam peningkatan prestasi belajar Geografi pada siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6
Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015.”
E. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat
penggunaan Teknik “Creativity Approach Learning (pendekatan pembelajaran yang
mengembangkan Kreativitas peserta didik)” dalam prestasi belajar. siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6
Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015.
F. Manfaat Hasil Penelitian
Setiap kegiatan penelitian pasti ada sesuatu kegunaan
yang hendak dicapainya, adapun kegunaan dilaksanakan penelitian ini adalah :
b.
Memberikan sumbangan pemikiran bagi guru, khususnya
mata pelajaran Geografi dalam rangka meningkatkan kognitif dan efektifnya
c.
Memberikan pengalaman kepada peneliti dalam menerapkan
pengetahuan dan wawasan yang telah diperolehnya sesuai bidang pengetahuan yang
dimiliki.
G. Hipotesis Tindakan
Hipotesis adalah salah satu persyaratan yang masih
disangsikan kebenarannya, hipotesis ini dapat dikatakan sebagai kesimpulan yang
mungin benar dan mungkin salah
Dengan petunjuk ini peneliti dapat mengajukan
hipotesis sebagai berikut : “ Jika penggunaan Teknik Creativity Approach
Learning diterapkan dalam proses
Pembelajaran, Maka Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X Semester Genap di SMA
Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015 akan meningkat ”.
H. Definisi Operasional
1. Creativity Approach
Learning adalah Creatif dalam bahasa inggris yang berarti trampil,
cekatan, mampu melakukan suatu kegiatan, sedangkan Approach dalam bahasa
inggris berarti pendekatan. jadi arti dari Creativity Approach Learning berarti
pendekatan pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta
didik/mengembangkan ketrampilan siswa dalam melakukan suatu kegiatan dalam
pembelajaran
2.
Prestasi menurut kamus populer Bahasa Indonesia adalah yang dikerjakan, apa
yang dihasilkan”. Jadi pengertian prestasi dapat didefinisikan sebagai berikut
: “Prestasi adalah suatu kemampuan yang telah dicapai atas usaha manusia yang
seoptimalkan mungkin”
3.
Prestasi Menurut Arfina dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia adalah hasil yang
telah dicapai dengan baik, hasil dari suatu pekerjaan, hasil dari sesuatu yang
dilakukan” (1995 : 373).
4.
Prestasi menurut Winkel adalah hasil yang diacapai dalam mata pelajaran
tertentu di sekolah“ (1984 : 30). kemudian Winkel berpendapat bahwa prestasi
belajar adalah : “Hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam mata
pelajaran tertentu dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam bidang
pengetahuan, ketrampilan, pemahaman, sikap dan nilai (Winkel, 1984:30).
5.
Belajar Menurut Slameto adalah “suatu proses usaha yang
dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru
secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman dan individu itu sendiri dalam
interaksi dengan lingkungannya (1988 : 2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar