PENILAIAN PERFORMAN
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
JENIS SEKOLAH : SMA JUMLAH
SOAL
MATA PELAJARAN : Geografi Bentuk
penilaian / soal
ALOKASI WAKTU :
NO.
KD
|
KOMPETENSI DASAR
|
HASIL BELAJAR
INDIKATOR
|
MATERI
|
INDIKATOR
SOAL
|
Btk
Soal
|
Rnh
Soal
|
No.
Soal
|
1.1
|
Menyimpulkan hakekat geografi
|
Mengidentifikasi prinsip-prinsip Geografi
|
Obyek Material Geografi
|
Siswa dapat menjelaskan keadaan fenomena Geoster di lingkungan sekolah
|
UNO
|
C3
|
1
|
Contoh
soalnya :
|
PEDOMAN PENSKORAN Kunci
Jawaban
Skor Jns Tag
NO.
|
ASPEK YANG DINILAI
|
SKOR
|
a. Keadaan Atmosfer : Udara sejuk
dan lembab
b. Keadaan lithosfer : Tanahnya
subur karena terdiri dari batuan berpasir
c. Keadaan hidrosfer : Cukup
tersedia air bersih, curah hujan dan dialiri sungai Brantas.
d. Keadaan Biosfer : Tumbuhan
tropis, pohon-pohon hasil penghijauan, hewan piaraan.
e. Keadaan Antroposfer: Pelajar, Mahasiswa, Kaum pekerja
dan wisatawan
jumlah Skor
|
1
1
1
1
1
5
|
UH
|
1
|
Kebenaran Informasi
(tepat = 2, kurang = 1)
|
0.2
|
|||
2
|
Kelengkapan Informasi
(lengkap = 3, cukup = 2, kurang = 1)
|
0.3
|
|||
3
|
Penjelasannya
(Komunikatif = 3, cukup = 2, kurang = 1)
|
0.3
|
Skor Maksimum = 0 – 8
Keterangan: Nilai akhir = skor perolehan : skor maksimum x 100
PENILAIAN TERTULIS MENJODOHKAN
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Satuan Pendidikan : SMA Jumlah
Soal : .........
Mata Pelajaran : Geografi Bentuk
Penilaian : .........
Kelas / Semester : X / 2 Penyusun : .........
No.
KD
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil Belajar
Indikator
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Jenis
Tagihan
|
No.
Soal
|
1.1
|
Kemampuan memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
|
Mengidentifikasi persebaran flora dan fauna di Indonesia
|
Biosfer
|
Disediakan data tentang persebaran flora dan fauna siswa dapat
menjodohkan sesuai dengan pernyataan tentang persebaran flora dan fauna
dengan tepat
|
UH
|
1
|
Contoh Alat Penilaian
Isilah sesuai dengan jawaban yang telah disediakan
1.
Pohon
pinus merupakan vegetasi khas bioma
2.
Berdasarkan
pembagian wilayah persebaran fauna dunia menurut Wallace benua Asia termasuk
wilayah .....
3.
Fauna
dangkalan Sahul bertipe ....
4.
Kondisi
sebagian fauna bioma deciduous yang tertidur selama musim dingin disebut
5.
Salah
satu jenis fauna yang terdapat di wilayah diantara garis Webber dan garis
Wallace adalah ....
Jawaban yang tersedia :
1.
Steppa 5.
Taiga
2.
Komodo 6.
Habitat
3.
Oriental 7.
Koala
4.
Hibernasi 8.
Australia
Pedoman Penskoran :
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
2
3
4
5
|
E
C
H
D
B
|
0 – 1
0 – 1
0 – 1
0 – 1
0 – 1
|
PENILAIAN JAWABAN PORTOFOLIO
FORMAT KISI KISI PENULISAN SOAL
Satuan Pendidikan : SMA Jumlah
Soal : .........
Mata Pelajaran : Geografi Bentuk
Penilaian : .........
Kelas / Semester : X / 2 Penyusun : .........
No.
KD
|
Kompetensi
Dasar
|
Hasil Belajar
Indikator
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Jenis
Tagihan
|
No.
Soal
|
1.3
|
Kemampuan memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi.
|
Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
|
Antroposfer (pertumbuhan penduduk)
|
Disajikan data pertumbuhan penduduk suatu wilayah tertentu
|
UNO
|
1.
Amatilah
pola pemukiman yang ada di sekitar anda dan gambarlah pola pemukiman tersebut
(memanjang, mengelompok atau menyebar)
2.
Pada
masing-masing gambar silahkan analisa pengaruhnya terhadap keadaan sosial dan
budaya.
3.
Bandingkan
masing-masing pengaruh dan buat suatu kesimpulan berupa pelaporan!
Pedoman penskoran portopolio
No.
|
Aspek
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Gambar
|
1. Gambar yang dibuat bagus dan ada
kecocokan antara teori dan kenyataan di lapangan.
2. Gambar yang dibuat tidak bagus dan ada
kecocokan antara teori dan kenyataan di lapangan.
3. Gambar yang dibuat tidak benar dan ada
kecocokan antara teori dan kenyataan di lapangan.
4. Gambar yang dibuat salah dan tidak ada kecocokan
antara teori dan kenyataan di lapangan.
|
4
3
2
1
|
2
|
Kelengkapan
|
1. Gambar yang dibuat lengkap (3 x benar)
2. Gambar yang dibuat 2 benar 1 salah
3. Gambar yang dibuat 1 benar 2 salah
4. Gambar yang dibuat salah semua
|
4
3
2
1
|
3
|
Kejelasan
|
1. Memiliki 4 unsur rapi, ejaan, bahasa
benar dan jenis sehingga komunikatif.
2. Hanya memenuhi 3 unsur, kurang
komunikatif.
3. Hanya memenuhi 2 unsur, kurang
komunikatif.
4. Hanya memenuhi 1 unsur, kurang
komunikatif.
|
4
3
2
1
|
4
|
Format Penilaian Pidato Bahasa
Inggris
Nama peserta didik :
.................................... kelas
: ...................................
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Baik
|
Tidak baik
|
1
|
Organization (introduction, body, conclusion)
|
||
2
|
Content (depth of knowledge, logic)
|
||
3
|
Fluency
|
||
4
|
Language
|
||
Pronunciation
|
|||
Grammar
|
|||
Vocabulary
|
|||
5
|
Performance (eye contact, facial expression, gesture)
|
||
Skor yang dicapai
|
|||
Skor maksimum
|
7
|
Keterangan
Baik mendapat skor 1
Tidak baik mendapat skor 0
2) Skala
Penilaian (Rating Scale)
Penilaian unjuk kerja yang menggunakan
skala penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara kontinum di
mana pilihan kategori nilai lebih dari dua. Skala penilaian terentang dari
tidak sempurna sampai sangat sempurna. Misalnya: 1 = tidak kompeten, 2 - cukup
kompeten, 3 = kompeten dan 4 = sangat kompeten. Untuk memperkecil faktor
subjektivitas, perlu dilakukan penilaian oleh lebih dari satu orang, agar hasil
penilaian lebih akurat. Contoh RatingScale
Format Penilaian Pidato Bahasa Inggris
Nama Siswa: Kelas:_____
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Organization (Introduction,
body, conclusion)
|
||||
2.
|
Content (depth ofknowledge,
logic)
|
||||
3.
|
Fluency
|
||||
4.
|
Language:
|
||||
pronunciation
|
|||||
grammar
|
|||||
vocabulary
|
|||||
5.
|
Performance (eye contact,
facial expression, gesture)
|
||||
Jumlah
|
|||||
Skor Maksimum
|
28
|
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Kriteria penilaian dilakukan sebagai
berikut:
1)
Jika seorang siswa
memperoleh skor 26-28 dapat ditetapkan sangat kompeten.
2)
Jika seorang siswa
memperoleh skor 21-25 dapat ditetapkan kompeten.
3)
Jika seorang siswa
memperoleh skor 16-20 dapat ditetapkan cukup kompeten.
4)
Jika seorang siswa
memperoleh skor 26-28 dapat ditetapkan tidak kompeten.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar