Kamis, 22 Januari 2015

Sifat Budaya - SMAN 6 Madiun



SIFAT – SIFAT  BUDAYA
 

   Pokok Bahasan        : 7.1 . Sifat – sifat Budaya
   Sub Pokok Bahasan : 7.1.1 Membahas Sifat – sifat Budaya
    1. Dimiliki Bersama Oleh Suatu Kelompok Masyarakat.
    2. Budaya Cenderung Bertahan atau Berubah.
    3. Budaya Nerfungsi Membantu Manusia dalam memenuhi Kebutuhan Hidupnya.
    4.  Budaya Diperoleh Melalui Proses Belajar dalam Masyarakat dan Lingkungan Hidupnya.

Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK)
Setelah mempelajari pokok bahasan ini siswa diharapkan dapat :
  1. Menyebutkan Sifat –sifat budaya.                                              4. Menjelaskan tentang sifat budaya
  2. Menjelaskan tentang sifat budaya , dimiliki bersama                    berfungsi membantu manusia dalam
       oleh suatu kelompok masyarakat                                                   memenuhi kebutuhan hidupnya
  1. Menjelaskan tentang sifat budaya , cenderung                          5. Menjelaskan tentang budaya diperoleh
       bertahan atau berubah.                                                                  melalui proses belajar dalam masyarakat
                                                                                                              dan lingkungan hidupnya


A.Sifat –sifat Kebudayaan

Indoneisa terdiri atas berbagai suku bangsa , yang masing – masing suku bangsa tersebut memiliki ciri budaya yang khas. Walaupun demikian tetapi secara universal masing – masing suatu bangsatersebut memiliki esamaan , yaitu sama – sama memiliki kebudayaan dan mereka mempunyai cara – cara tersendiri dalam menciptakan dan mengembangkan kebudayaanya . Sifat –sifat kebudayaan sebagai berikut:
a. Kebudayaan dimiliki bersama oleh masyarakat pendukungnya.
b. Kebudayan cenderung bertahan atau berubah.
c. Fungsi kebudayan untuk pemenuhan kebutuhan manusia.
d. Kebudayaan diperoleh melalui proses belajar.
Pembahasan Sifat – sifat kebudayaan sebagai berikut.
Kesamaan dan keaneka ragaman budaya indonesia
    Kebudayaan yang ada di dinia ini amatlah banyak. Demikian halnya di Indonesia yang jumlahnya ribuan suku bangsa, mempunyai kebudayaanya masing – masing . Walaupun demikian , setiap kebudayaan akan mempunyai ciri atau sifat yang sama . Sifat tersebut bukan diartikan secara khusus , melainkan  lebih secara umum atau bersifat universal . Dalam bagian ini akan kita bahas sifat – sifat umum itu agar kita dapat memahami , bahwa manusia dimanapun adanya adalah sama, yakni memiliki budaya dan kita dapat menghargai , bahwa tiap – tiap masyarakat mempunyai cara – cara tersendiri dalam menciptakan dan mengambangkan kebudayaannya.
  1. Kebudayaan Dimiliki Bersama oleh Masyarakat Pendukungnya
Seperti telah dijelaskan terdahulu, bahwa kebudayaan mengacu pada pengertian abstrak yakni suatu sistem berpikir atau sistem kgnitif yang diciptakan, dimiliki , dan digunakan oleh masyarakat yang menjadi anggota pendukungnya. Kebudyaan atau budaya tidak akan tercipta hanya oleh seseorang individu saja , tetapi terwujud melalui interaksi sekelompok orang atau masyarakat  yang diam di suatu tempat dalam waktu yang lama.
Masyarakat atau kelmpok yang memiliki kebudayaan itu bermacam – macam keluasannya, masing – masing memiliki ciri – ciri yang berbeda . Kelompok keluarga ini tau kelimpok kawan – kawan misalnya , akan memperlihatkan adanya kesamaan nilai nilai , kepercayaan dan perilakuntertentu.
Demikian halnya  dalam kerangka kehidupan bermasyarakat dan bernegara kenyataan berbeda itdaklah dipermasalahkan , namun yang terpenting adalah kita memiliki kesamaan , yakni sama – sama memiliki dan berupaya mengembagkan kebudayaan bangsa kita. Sifat – sifat yang sama ini senantiasa dipertahankan karena menjadi kepentingan koleif. Tanpa adanya usaha – usaha yang demikian sifat kebersamaan itu menjadi renggang.
  1. Kebudayaan Cenderung Bertahan dan Berubah

Salah satu ciri kebudayaan adalah adanya proses perubahan, disebabkan oleh faktor alamiah , seperti bertambahnya penduduk , bencana alam atau peperangan , maupun faktor dari luar seperti pengaruh interaksi dengan kebudayaan lain, maupun bentuk kontak budaya lainnya . Berdasarkan hal itu nampaknya tidaklah ada suatu kebudayaan di dunua ini yang terus – menerus berada dalam posisi yang aman.  Hal ini berarti tidak ada suatu kebudayaan yang tidak berubah sama sekali.
Ada kebudayaan yang dikategorigan sebagai kebudayaan yang dinamis, artinya kebudayaan tersebut cenderung mengalami perubahan yang lebih cepat. Kebudayaan tersebut didukung masyarakat yang individunya lebih dinamis . Hal seperti ininampakdalam masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di daerah pesisir pantai. Pra penduduknya senantiasa berinteraksi denganpara pendatang yang umumnya menjadi pedagang atau bergerak dalam  perkebunan. Umumnya merka kurang mendapat pengaruh dari luar sehingga kurang  menbadpat informasi, tentang perkembangan di luar masyarakat.
Meskipun nampak perbedaanpercepatan dalam perubahan antara kedua kategori masyarakat tersebut disebabkan faktor geografis , namun kenyataanya perubahan itu sendiri bersifst netral, artinya suatu perubahan itu dilakukan apabila dibutuhkan masyarakatnya. Dalam kasus diatas meskipun masyarakat tersebut berada di dipantai yang ramai dikunjungi oleh pendatang, namun apabila masyarakatnya menolak untuk melakukan perubahanmaka perubahan itu tidak akan terwujud. Kelompok masyarakt menginginkan adanya perubahan dalam kebudayaan adalah mereka yang cenderung berpikir maju. Artinya, pandangan hidupnya senantiasamemproyeksikan bagi kehidupan di masa yang akan datang. Mereka menghendaki suasana kehidupan yang lebih maju, dan senantiasa disesuaikan dengan perkembangan zaman.

3. Fungsi Kebudayaan untuk Pemenuhan Kebudayaan Manusia
Seringkali,kita jumpai dalam kehidupan sehari – hari ada orang melakukan suatu aktivitas sampai seharian atau bahkan pulang sampai laurt malam . Kegiatan itu mereka lakukan setiap hari tanpa jenuh – jenuhnya . Dimanapun adanya manusoia , mereka harus berjuang agar dapat memenuhi kebutuhannya. Dalam kajian antropologi ada tiga syarat yang harus dipenuhi oleh setiap individu , yakni :
a.       Syarat dasar alamiah
Syarat dasar alamiah adalah syarat pemenuhan kebutuhan biologi yang membutuhkantenaga energi. Tenaga tersebut bisa terwujud apabila diberi makan dan minuman.
b.      Syarat kejiwaan atau psikologis
Syarat kejiwaan atau psikologis, yakni pemenuhan kebutuhan akan perasaan tenang atau tidak kacau. Mereka juga menghandaki hidupnya meras aman dan damai . Manusia yang normal tidak menginginkan hidupnya penuh dengan ketakutan, gelisah atau persaan terkucil dari lingkungannya.
c.       Kebutuhan dasarsosial
Kebutushan dasar sosial adalah berkenaaan dengan kebutuhan akan berhubungan dengan orang lain, Manusia adalah mahluk sosial, artinya dalam melaksanakan kehidupannya setiap orang membutuhkan orang lain. Diantaranya adalah keturunan untuk melangsungkan keturunannya .Demikian juga berhubungan dengan orang lain, seorang individu dapat mempertahankan  hidup meminta pertolongan pada orang lain Dalam Kenyataanya , lingkungan dengan sumber dayanya ( sumber daya alam , segala macam yang ter kandung di darat dan di laut itu mempunyai keterbatasan .)

  1. Kebudayaan diperoleh Melalui Proses Belajar
Kebudayaan bukanlah merupakan sesuatu yang diturunkan secara genetis, melainkansesuatu yang dihasilkan melalui proses belajar. Kebudayaan adalah ciptaan khas manusia dan tidak diciptakan oleh mahluk hidup lainnya. Binatang tidak akan mungkin menciptakan kebudayaan, karena tidak bisa belajar ,adapun perilaku yang ditampilkannya hanyalah atas dorongan inisiatif saja , seperti misalnya perilaku makn pada harimau atu lainnya , binatang tersebut perilaku makannya dari dahulu sampai sekarang begitu – begitu saja.
Faktor utama untuk mempelajarikebudayaan adalah lewat komunikasi berbahasa. Bagaimanapun sederhanannya kebudayaan masyarakat manusia masih bisa berkomunikasi dengan bahsa. Semakin kebudayaanya maju,struktur bahasa yang digunakan akan tampak lebih rumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar