Sabtu, 24 Januari 2015

Pentingnya PTK Bagi guru-ADISA SMAN 6 Madiun



a.       Ada beberapa prinsip yang berlaku dalam penelitian tindakan, di  antaranya :
(1)       Tindakan dan proses penelitian tidak boleh mengganggu kegiatan utama dalam proses pembelajaran, misalnya guru mengorbankan kegiatan proses belajar mengajar.

(2)       Dalam Penelitian harus menggambarkan ada masalah, dan cara mengobatinya melalui Metode/Teknik/Pemdekatan/Strategi Pembelajaran.
(3)       Peneliti harus tetap memperhatikan etika dan tata krama penelitian serta rambu – rambu pelaksanaan yang berlaku umum. Bersifat APIK
b.      Penelitian tindakan mempunyai karakteristik tertentu, yaitu :
(1)       Permasalahan muncul dari lapangan, kondisi nyata di sekolah atau kelas,
(2)       Bersifat situasional, yaitu diagnosis masalah dalam konteks tertentu, misalnya kelas atau sekolah, dan berupaya menyelesaikannya dalam konteks itu.
(3)       Upaya kolaboratif, yaitu suatu satuan kerja dengan perspektif berbeda, misalnya guru demi peningkatan mutu profesionalnya, dan siswa peningkatan prestasi belajarnya. Kerjasama ini dengan sendirinya juga partisipatori.
(4)       Memanfaatkan data pengamatan dan perilaku empirik, seperti menelaah ada tidaknya kemajuan, sementara proses pembelajaran berjalan terus, informasi dikumpulkan, dioleh, didiskusikan, dinilai bersama kolaborator.
2.      Penelitian Tindakan Kelas
a.       Pada prinsipnya pelaksanaan PTK merupakan siklus, yang menurut Kemmis & Taggart ( 1988 ) mencakup empat langkah, yaitu :
(1)        Merumuskan masalah dan merencanakan tindakan
(2)        Melaksanakan tindakan dan mengamatinya / memonitoring
(3)        Merefleksi hasil pengamatan
(4)        Berdasarkan hasil refleksi, direncanakan pengembangan selanjutnya.
b.      Jangka waktu suatu siklus dan langkah – langkah dalam siklus tergantung konsteks dan setting permasalahan, bisa dalam hitungan hari atau minggu, tetapi dapat juga dalam hitungan semester atau tahun.
3.      Masalah dan Perencanaan Penelitian Tindakan Kelas
(1)        ide awal, karena terdapatnya kesenjangan yang berlangsung di dalam kelas,
(2)        prasurvei, mengetahui secara detail kondisi yang terdapat di suatu kelas yang akan diteliti. Guru yang sekaligus sebagai peneliti tidak perlu melakukan prasurvei sebab guru dan sekaligus sebagai peneliti di kelasnya sudah mengetahui kondisi kelas yang sebenarnya.
(3)        Diagnosis (obat), dugaan sementara mengenai timbulnya masalah yang muncul di kelas. Hasil diagnosis memungkinkan peneliti menentukan strategi atau perencanaan pemecahan masalah.
4.      Analisis dalam Penelitian Tindakan Kelas
a.       Analisis dalam PTK dilakukan terhadap dua jenis data, yaitu (1) data kualitatif dan (2) data (3) kuantitatif. Pada umumnya dengan menggunakan Prosentase, Jumlah dan rata.2
b.      Validasi hipotesis dilakukan setelah analisis dilakukan. Untuk itu dapat dilakukan teknik yang sesuai, seperti saturasi, trianggulasi, atau jika perlu menggunakan uji statistik.
5. Bagaimana penyusunan pokok pokok rencana kegiatan dalam PTK ?
Siklus I
Perencanaan
Idenrifikasi masalah dan penetapan alternative pemecahan masalah
* Merencanakan pembelajaran yang akan diterapkan dalam PBM
* Menentukan Materi Pembelajaran
* Mengembangkan scenario pembelajaran
* Menyusun kegiatan pembelajaran
* Menyiapkan sumber belajar
* Mengembangkan format evaluasi
* Mengembangkan format observasi
Tindakan
*   Menerapkan tindakan sesuai skenario
Pengamatan/Observasi
* Melakukan Observasi dengan memakai format observasi
* Menilai hasil tindakan dengan menggunakan format observasi
Refleksi
* Melakukan evaluasi tindakan yang telah dilakukan yang meliputi evaluasi mutu, jumlah dan waktu, dari setiap tindakan
* Melakukan pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tentang scenario yang telah ditentukan
* Memperbaiki pelaksanaan tindakan sesuai hasil evaluasi, untuk digunakan pada siklus berikutnya
* Evaluasi/kesimpulan hasil dari tindakan/siklus I
Siklus II
Perencanaan
* Identifikasi masalah dan Penetapan alternative pemecahan masalah
* Pengembangan Program tindakan
Tindakan
* Pelaksanaan Program tindakan
Pengamatan
* Pengumpulan Data hasil tindakan
Refleksi
* Evaluasi dan analisis hasil tindakan
Siklus Siklus berikutnya bila pada siklus II tidak berhasil dan dilakukan siklus yang ke III dengan mencari permasalahan untuk dikembangkan
Kesimpulan, saran dan rekomendasi

6. BAGAIMANA SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS


1.      Laporan hasil penelitian :
A.     Bagian Pembuka :
-         Halaman judul
-         Lembar pengesahan
-         Kata pengantar
-         Daftar isi
-         Daftar lampiran
B.     Bagian Isi
Bab  I       Pendahuluan
-         Latar belakang masalah
-         Rumusan masalah
-         Tujuan penelitian
-         Pentingnya penelitian
-         Hipotesis penelitian
Bab  II     Kajian Teori atau Tinjauan Kepustakaan
Bab  III    Metodologi Penelitian
-         Waktu dan tempat penelitian
-         Populasi dan sampel
-         Instrumen penelitian
-         Pengumpulan data dan analisis data
Bab  IV    Hasil Penelitian
Bab  V     Kesimpulan dan Saran
C.     Bagian Penunjang / Penutup
-         Daftar Pustaka
-         Lampiran – lampiran

2.      Tinjauan / ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri :
A.     Bagian Pendahuluan :
-         Halaman judul
-         Kata pengantar
-         Daftar isi
-         Abstrak
B.     Bagian isi :
-         Uraian mengenai hal yang dipermasalahkan
-         Uraian teori dan fakta mengenai hal yang dipermasalahkan
-         Tinjauan / ulasan
-         Kesimpulan
C.     Bagian Penunjang
-         Daftar Pustaka
-         Lampiran – lampiran

3.      Laporan hasil penelitian tindakan kelas
A.     Bagian Pembuka :
-         Halaman judul
-         Lembar pengesahan
-         Kata pengantar
-         Daftar isi
-         Daftar lampiran
B.     Bagian Isi
Bab  I       Pendahuluan
-         Latar belakang masalah
-         Identifikasi masalah
-         Pembatasan dan rumusan masalah
-         Tujuan penelitian
-         Manfaat hasil penelitian
Bab  II     Kajian Pustaka
-         Kajian teori
-         Kajian hasil penelitian
Bab  III    Metodologi / Metode Penelitian
-         Objek penelitian
-         Setting / Lokasi / Subjek penelitian
-         Metode pengumpulan data
-         Metode analisis data
-         Cara pengambilan kesimpulan
Bab  IV    Hasil Penelitian
-         Gambaran selintas tentang setting
-         Uraian penelitian secara umum – keseluruhan
-         Penjelasan per siklus
-         Proses menganalisis data
-         Pembahasan dan pengambilan kesimpulan
Bab  V     Kesimpulan dan Saran
-         Kesimpulan
-         Saran untuk tindakan lebih lanjut
C.     Bagian Penunjang / Penutup
-         Daftar Pustaka
-         Lampiran – lampiran
*) penulis adalah anggota TOT dalam pengembangan profesi guru
*) Buatlah Kelompok bagi yang berkeinginan untuk menulis dan penyusunan PTK dalam kegiatan Pembelajaran, dapat dilakukan Pembimbingan di Bumi Mas Block E. No. 22 Madiun
TUGAS INDIVIDU

1. Buatlah Judul :………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
2. latar belakanga :…………………………………………………………………….
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
3. Tujuan              :………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
4. Manfaat           :………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
5. Ruang Lingkup :…………………………………………………………………….
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
6. Rumusan         :............................................................................................................
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
7. Hipotesis         :............................................................................................................
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
8. Definisi Operasional : ................................................................................................
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
9. Rencana Tindakan : ...................................................................................................
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
10. Teknik Pengumpulan data : .....................................................................................
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
11. Teknik Analisis Data :..............................................................................................
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
12. Jadwal Kegiatan : ....................................................................................................
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………
                            ………………………………………………………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar