Selasa, 20 Januari 2015

Cerdas Menulis Pangkat diraih - SMAN 6 Madiun



Cerdas Menulis PTK Bagi Guru
Drs. ADI SUPRAYITNO. SMAN 6 Madiun
Guru  :  Mengapa harus meneliti dan menulis ?
1.        Peningkatan kualitas metode pembelajaran.
2.        Peningkatan kualitas bahan ajar.

3.        Peningkatan kapasitas intelektual guru.
Dengan kata lain guru berkewajiban membuat Karya Tulis Ilmiah untuk pengembangan profesi.
Ada beberapa jenis Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) yang dapat dihasilkan oleh guru :
-              Karya tulis ilmiah hasil penelitian, pengembangan, penilaian.
-              Karya tulis tinjauan ilmiah gagasan sendiri.
-              Karya ilmiah populer.
-              Karya ilmiah sebagai pemrasaran dalam seminar.
-              Menghasilkan buku pelajaran / modul.
-              Menghasilkan diktat.
-              Karya tulis terjemahan.
Hal-Hal Yang Urgen Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah.

A.     Strategi Penulisan

1.       Tema
a.       Pilih yang sedang menjadi pusat perhatian.
b.       Pilih yang futuristik ( prediksi solusi masa depan )
2.       Judul
a.       Simpel, lugas, provokatif dan sugestif, jelas tegas dan merangsang pembaca
b.       Cukup cerdas mempresentasikan substansi persoalan yang menjadi kajian utama, kapan, bagaimana dilakukan dan apa hasil yang akan dicapai.
3.       Latar Belakang
a.       Deskripsikan secara cerdas dan radikal berbagai kondisi mengapa masalah tersebut dianggap penting untuk dipecahkan melalui penelitian.
b.       Dukung dengan data empirik maupun wacana teoritik.
4.       Perumusan Hipotesis

Tidak ambique, mampu menggambarkan pola hubungan antar variabel, kemungkinan pengumpulan data yang relevan serta model / desain pengujiannya.

5.       Tujuan dan Manfaat Penelitian
a.       Tampilkan secara tegas apa yang akan dicapai / dihasilkan.
b.       Jelaskan manfaatnya ( apa dan untuk siapa ).
6.       Tinjauan Pustaka
a.       Urgensi dan relevansi, mutakhir dan terarah ( bukan sekedar etalase pameran kutipan ).
b.       Susun secara konsisten, rapi, lengkap dan jelas.
7.       Desain dan Metode Penelitian
a.       Feasibel secara metodologis.
b.       Layak secara Sumberdaya manusia.
c.       Rasional secara time frame dan finansial
d.       Didukung ketersediaan sarana dan prasarana.
e.       Model : - non eksperimental
*        Deskriptif
*        Analitik ( cross sectional, longitudinal, retrospektif, dan prospektif ).
-     Eksperimental murni ( True Experimental )
-     Eksperimental semu ( Quasi Experimental )
-     Korelasi ( Correlation )
-     Operasional ( action research )
-     Sejarah ( historical research )
8.       Kebahasaan
Efektif, lancar, jernih dan komunikatif.
B. Syarat Karya Tulis Ilmiah, dijelaskan oleh Zainal Aqib ( 2005 ) sebagai       berikut :
a.       Apik ( akan dijelaskan di bawah ).
b.       Pengesahan jelas.
c.       Waktu pembuatan jelas.
d.       Bentuk / jenis karya tulis jelas.
e.       Komplit.
*        APIK bagaimana ?
A = Asli ( buatan sendiri, bukan karya orang lain, tidak fotocopi/asli).
 = Tidak asli ( terindikasikan bukan milik penulis, ada petunjuk lokasi yang tidak konsisten, tanggal pembuatan tidak sesuai, ada data yang tidak konsisten, waktu pembuatan yang tidak masuk akal 1 tahun 4 KTI, ada kesamaan dengan KTI lain ).
P = Penting ( KTI pengembangan profesi, permasalahan jelas, KTI sesuai dengan bidang tugas ).
= tidak penting ( masalah terlalu luas/tidak tegas, masalah kurang leas manfaatnya, masalah tidak menunjukkan adanya kegiatan nyata, tidak sesuai dengan pedoman ).
I = Ilmiah ( permasalahan dalam khasanah keilmuan, pakai kriteria kebenaran ilmiah, pakai metode ilmiah, pakai tata cara penulisan ilmiah ).
= Tidak ilmiah ( latar belakang tidak jelas substansinya, kebenaran tidak didukung teori dan data yang benar, rumusan masalah tidak jelas, kesimpulan tidak menjawab masalah/tujuan penelitian).
K= Konsisten ( yang ditulis sesuai dengan kompetensi penulis, sesuai dengan tujuan untuk pengembangan profesi ).
= Tidak konsisten ( masalah yang dikaji tidak sesuai dengan tugas, masalah yang dikaji tidak sesuai dengan pendidikan, tidak berkaitan dengan upaya pengembangan profesi).                                                                                                                                                                 
SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

1.       Laporan Hasil Penelitian
A.     Bagian Pembuka :
-          Halaman judul
-          Lembar pengesahan
-          Kata pengantar
-          Daftar isi
-          Daftar lampiran
B.     Bagian isi :
Bab I Pendahuluan
-          Latar belakang masalah
-          Rumusan masalah
-          Tujuan penelitian
-          Pentingnya penelitian
-          Hipotesis penelitian
Bab II Kajian teori atau tinjauan kepustakaan
Bab III Metodologi penelitian :
-          Waktu dan tempat penelitian
-          Populasi dan sampel
-          Instrumen penelitian
-          Pengumpulan data dan analisis data.
Bab IV Hasil Penelitian
Bab V Kesimpulan dan saran
C.     Bagian Penunjang / penutup
-          Daftar Pustaka
-          Lampiran – lampiran
2.       Tinjauan / ulasan ilmiah hasil gagasan sendiri :
A.     Bagaian Pendahuluan :
-          Halaman judul
-          Kata pengantar
-          Daftar isi
-          Abstrak
B.     Bagaian isi :
-          Uraian mengenai hal yang dipermasalahkan.
-          Uraian teori dan fakta mengenai hal yang dipermasalahkan.
-          Tinjauan / ulasan.
-           Kesimpulan.
C.     Bagian penunjang :
-          Daftar pustaka.
-          Lampiran – lampiran.
3.       Diktat Pelajaran :
A.     Bagian Pendahuluan :
-          Halaman judul.
-          Kata pengantar
-          Daftar isi
-          Penjelasan tujuan diktat pelajaran
B.     Bagian isi :
-          Judul bab atau topic isi bahasan
-          Penjelasan tujuan bab
-          Uraian isi pelajaran
-          Penjelasan teori
-          Sajian contoh
-          Soal latihan
C.     Bagian penunjang :
-          Daftar Pustaka
-          Lampiran
4.       Laporan hasil penelitian tindakan kelas :
A.     Bagian pembuka :
-          Halaman judul
-          Lembar pengesahan
-          Kata pengantar
-          Daftar isi
-          Daftar lampiran
B.     Bagian isi :
Bab I Pendahuluan
-          Latar belakang masalah
-          Identifikasi masalah
-          Pembatasan dan rumusan masalah
-          Tujuan penelitian
-          Manfaat hasil penelitian
Bab II Kajian Pustaka
-          Kajian teori
-          Kajian hasil penelitian
Bab III Metodologi / Metode penelitian :
-          Objek tindakan
-          Setting/lokasi/subjek penelitian
-          Metode pengumpulan data
-          Metode analisis data
-          Cara pengambilan kesimpulan
Bab IV Hasil Penelitian :
-          Gambaran selintas tentang setting
-          Uraian penelitian secfara umum-keseluruhan
-          Penjelasan per siklus
-          Proses menganalisis data
-          Pembahasan dan pengambilan kesimpulan
Bab V Kesimpulan dan Saran :
-          Kesimpulan
-          Saran dan tindakan lebih lanjut
C.     Bagian Penunjang/penutup
-          Daftar Pustaka
-          Lampiran-lampiran

BAHAN ACUAN
 Imam Santosa, 2006, KIAT PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN FUNDAMENTAL RESEARCH DAN HIBAH BERSAING, LPPM IKIP PGRI MADIUN.
Sumartono, 2006, FALSAFAH, TUJUAN DAN KIAT PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN, LPPM IKIP PGRI Madiun.
Zainal Aqib, 2005, PENTINGNYA KTI BAGI PENGEMBANGAN PROFESI GURU, Makalah Seminar Nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar