Kamis, 22 Januari 2015

RENSTRA - SMAN 6 MADIUN



PROGRAM KERJA SMA NEGERI 6 MADIUN
JANGKA PENDEK DAN MENENGAH



1.        Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

a.        Visi        
Terwujudnya generasi yang cerdas terampil serta berprestasi berdasarkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

b.        Misi
1.        Menumbuhkan penghayatan terhadap agama dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
2.        Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi diri.
3.        Menumbuhkan semangat kompetitif secara aktif kepada seluruh warga sekolah
4.        Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah.
5.        Membekali siswa dengan ketrampilan praktis dan mendasar untuk hidup mandiri di masyarakat.

c.        Tujuan Sekolah
1.        Mulai tahun 2007-2008 sekolah sudah melaksanakan Kurikulum SMA Negeri 6 Madiun untuk tahun pertama pada kelas X
2.        Pengembangan Silabus, sistem penilaian dan model-model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan situasi dan kondisi SMA Negeri 6 Madiun
3.        Menambah wawasan Guru dalam bidang Teknologi Informasi dan mengikuti Musyawarah Guru Mata Pelajaran baik di tingkat kota maupun sekolah.
4.        Siswa mampu bersaing dalam lomba mata pelajaran (olimpiade)

2.        Sasaran / Tujuan Situasional Sekolah

Sasaran Progran Jangka Pendek [tahun pelajaran 2009-2010]
1.       Menyelenggarakan beberapa event baik akademik maupun non akademik yang diikuti oleh siswa SD/SMP di lingkungan Kota / Kabupaten.
2.       Menyelenggarakan paket pendidikan yang sesuai dengan upaya peningkatan mutu pendidikan dengan membekali life skill sesuai dengan potensi siswa
3.       Peningkatan rata-rata Nilai Ujian Nasional [NUN] tahun pelajaran 2009-2010 [minimal 0,5] dari tahun sebelumnya.
4.       Meningkatkan Sumber Daya Manusia [ Guru dan Karyawan] dengan memperdalam wawasan tentang Kurikulum SMA Negeri 6 Madiun [KTSP] dan School Reform
5.       Meningkatkan mutu pendidikan dengan mengetahui latar belakang / bakat, minat dan kemampuan siswa.
6.       Pengadaan buku-buku / referensi yang menunjang profesi guru sebagai pendidik maupun pengajar
7.       Pengadaan sarana dan prasarana sekolah untuk dapat difungsikan oleh siswa dalam mengembangkan kemampuan dasarnya.
8.       Mengoptimalkan substansi dan pelaksanaan mata pelajaran tertentu sebagai wahana pendidikan budi pekerti
9.       Mengoptimalkan upaya sekolah dalam mengubah kultur sekolah menjadi wahana “learning to life together” dan learning to be
10.    Mengadakan pelatihan, diskusi dalam rangka memperdalam wawasan tentang Kurikulum SMA Negeri 6 Madiun
11.    Menyelenggarakan MGMPS secara kontinu dan konsisten
12.    Pemberdayaan Tim Penelitian dan Pengembangan Sekolah
13.    Mengoptimalkan perpustakaan sebagai tempat untuk belajar
14.    Meningkatkan kedisiplinan karyawan tata usaha sekolah sesuai dengan tugas dan wewenangnya
15.    Meningkatkan layangan guru bidang studi dan BP dalam pemberian bimbingan kepada siswa sesuai permasalahannya
16.    Pembenahan ruang laboratorium IPA
17.    Pengadaan komputer ruang kelas untuk tahap pertama
18.    Pengadaan kelengkapan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan ekstrakurikuler
19.    Pengadaan meja kursi siswa dan guru
20.    Merehab lapangan basket untuk kelancaran kegiatan ekstra kurikuler
21.    Mengoptimalkan hubungan dan kerjasama dengan masyarakat, dunia usaha dan dunia industri
22.    Menambah tenaga profesional yang dapat membantu dan mengembangkan life skill pada diri siswa
23.    Mengadakan rehab ringan untuk beberapa ruang kelas


Sasaran Program Jangka Menengah 4 tahun [tahun pelajaran 2008-2012]

1.        Terwujudnya SMA Negeri 6 Madiun sebagai Sekolah Standar Nasional [SSN] dengan terpenuhinya 8 Standar Nasional Pendidikan :
a.      Pemenuhan Standar Isi dan SKL
b.      Pemenuhan Standar Proses
c.      Pemenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
d.      Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana
e.      Pemenuhan Standar Pengelolaan
f.      Pemenuhan Standar Pembiayaan

2.        Analisa dalam upaya Pengembangan Standar Nasional Pendidikan :
No.
Kondisi saat ini
Kondisi yang diharapkan (lima tahun ke depan)

1
Standar Isi: Kurikulum
Standar Isi:


Kurikulum 75% memenuhi standar nasional pendidikan (perangkat pembelajaran belum disusun untuk kelas XI-XII baru sebagian mapel)
Kurikulum 100%  memenuhi standar nasional pendidikan (perangkat pembelajaran sudah disusun untuk kelas XI-XII semua mapel)
25%
2.
Pengembangan  Proses Pembelajaran:
Pengembangan  Proses Pembelajaran:


Proses pembelajaran  belum memenuhi standar nasional pendidikan, yaitu baru 50% guru melaksanakan CTL
Proses pembelajaran  sudah memenuhi standar nasional pendidikan, yaitu 100% guru melaksanakan CTL
50%
3.
Standar Kelulusan:
Standar Kelulusan:


Prestasi akademik lulusan rata-rata memenuhi standar nasional pendidikan (rata-rata KKM 70 % dan rata-rata NUAN 7.05 untuk IPA dan 6,93 untuk IPS)
Prestasi akademik lulusan sudah memenuhi standar nasional pendidikan (KKM 100% dan NUAN 8,00 baik Untuk IPA maupn IPS)
SKBM: 30%
GSA NUAN: 1,00

Prestasi non akademik sekolah masih rendah (rata-rata mencapai kejuaraan tingkat kabupaten/kota)
Prestasi non akademik sekolah tinggi (rata-rata minimal mencapai kejuaraan tingkat nasional)
2 tingkat
4.
Pengembangan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
Pengembangan  Pendidik dan Tenaga Kependidikan:


Pendidik dan tenaga kependidikan terdapat 98% memenuhi standar nasional pendidikan
Pendidik dan tenaga kependidikan terdapat 100% sudah memenuhi standar nasional pendidikan
2%
5.
Pengembangan  Prasarana dan Sarana:
Pengembangan  Prasarana dan sarana:


Prasarana, sarana, media pembelajaran, bahan ajar, sumber belajar terdapat rata-rata 45% memenuhi standar nasional pendidikan
Prasarana, sarana, media pembelajaran, bahan ajar, sumber belajar 100% memenuhi standar nasional pendidikan
55%
6.
Pengembangan  Pengelolaan:
Pengembangan  Pengelolaan:


70% Fungsi-fungsi pengelolaan sekolah memenuhi standar nasional pendidikan
100% Fungsi-fungsi pengelolaan sekolah memenuhi standar nasional pendidikan
30%
7.
Pengembangan  Pembiayaan:
Pengembangan  Pembiayaan:


Pembiayaan masih rendah (di bawah 75.000 ribu rupiah per bulan per anak atau sekitar 50-%)
Pembiayaan memenuhi standar nasional (di atas 150.000 rupiah per bulan per anak)
50%
8.
Pengembangan  Penilaian:
Pengembangan  Penilaian:


Guru dan sekolah 80% melaksanakan sistem penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan (rata-rata masih di bawah standar nasional, baik tingkat kesulitasn maupun model-model yang digunakan)
Guru dan sekolah 100% melaksanakan sistem penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan
20%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar