Selasa, 20 Januari 2015

RAT-SAT TUTOR KD IPS UT - UT/SMAN 6 MADIUN

RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
SATUAN ACARA TUTORIAL (SAT)
RANCANGAN TUGAS TUTORIAL


KRITERIA PENILAIAN
Mata  Kuliah :
KONSEP DASAR IPS
KODE MtK : PDGK 4102

Oleh : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd
NIP : 19620615 198702 1 004


UNIT  PROGRAM  BELAJAR  JARAK  JAUH  (UPBJJ)
UNIVERSITAS  TERBUKA  SURABAYA


     RANCANGAN AKTIVITAS TUTORIAL (RAT)
Mata kuliah/Kode MK :   KONSEP DASAR IPS / PDGK 4102
Semester / SKS                        :   1/PGSD/4 SKS
Nama Tutor                              :   Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Deskripsi Mata kuliah              :   Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu  menjelaskan Konsep Dasar IPS secara komprehensif  
.
Kompetensi Umum                :  Dapat memahami, dan dapat  menjelaskan tentang Konsep Dasar IPS.

No
Kompetensi Khusus
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Uraian tugas Tutorial dan Bobot Nilai
Estimasi Waktu
Daftar Pustaka
Tutorial ke
1
Dapat   menjelaskan Konsep Dasar IPS secara komprehensif
Konsep Dasar IPS
1.      Landasan filosofis, psikologis, dan sosiologis pendidikan SD.
2.      Landasan historis, idiologis, dan yuridis pendidikan SD.
1.      Menjelaskan landasan filosofis, psikologis dan sosiologis.
2.      Menjelaskan landasan historis, ideologis dan yuridis-antropologis pendidikan SD.


120 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
1
2
Dapat menjelaskan perkembangan pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Perkembangan pendidikan Sekolah Dasar.
1.        Perkembangan pendidikan SD di era Orde Baru.
2.        Perkembangan pendidikan SD di era Reformasi
3.        Menjelaskan perkembangan pendidikan SD di era Orde Baru.
4.        Menjelaskan perkembangan pendidikan SD di era Reformasi.
120 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
2
3

Tugas tutorial ke: 1(satu) Dan dapat menjelaskan Karakteristik perkembangan siswa Sekolah Dasar.
Tugas tutorial ke- 1(satu) dan membahas karakteristik perkembangan siswa Sekolah Dasar.
1.   Pelaksanaan tugas tutorial ke: 1(satu).
2.   Membahas karakteristik perkembangan fisik, motorik, emosi dan sosial anak SD.
1.    Mahasiswa mengumpulan tugas tutorial ke: 1(satu)
2.    Membahas karakteristik perkembangan intelektual, bahasa, moral, dan spiritual anak.

60 menit

60 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
3
4
Dapat menjelaskan karakteristik belajar siswa dan layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.

Karakteristik belajar siswa dan layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
1.   Bentuk-bentuk kegiatan belajar siswa SD.
2.   Motivasi belajar siswa Sekolah Dasar
3.   Memnjelaskaan bentuk-bentuk kegiatan belajar siswa SD.
4.   Memberikan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar
120 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
4
5
Tugas tutorial ke: 2(dua) dan menjelaskan sistem layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.

Tugas tutorial ke: 2(dua) dan membahas sistem layanan pendidikan bagi siswa SD.
1.   Pelaksanaan tugas tutorial ke: 2(dua)
2.   Prinsip-prinsip bimbingan di SD.
3.   Mahasiswa melaksanaan tugas tutorial ke: 2(dua) dan
4.   Penerapan berbagai layanan pendidikan untuk anak SD.
120 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
5
6
Dapat menjelaskan, pengertian, pijakan dan tahap perkembangan anak pada sentra persiapan di KB dan TPA.
Kompetensi Guru dan Kurikulum di Sekolah Dasar.

1.   Profil kompetensi Guru Sekolah Dasar
2.   Kompetensi Guru dan hakikat kurikulum di SD

3.   Menjelaskan tentang forum peningkaatan profesionalitas Guru.
4.   Menjelaskan karakteristik Mata pelajaran di SD.

120 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
6
7
Tugas tutorial ke: 3(tiga). Menjelaskan pengelolaan bahan belajar dan potret pembelajaran di SD.
Tugas tutorial ke: 3(tiga). Menjelaskan pengelolaan bahan belajar dan potret pembelajaran di SD.

1.   Pelaksanaan tugas tutorial ke: 3(tiga)
2.   Menjelaskan sistem pembelajaran dan potret pembelajaran di SD

1.    Mahasiswa mengerjakan tugas tutorial ke: 3(tiga)
2.    Menjelaskan tentang pembaharuan pembelajaran yang di terapkan di SD.


120 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
7
8
Dapat mengkaji kembali, materi dari modul 5 – 12 dan pembahasan soal-soal latihan / evaluasi program pembelajaran di SD
Evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD, Mengkaji kembali materi dan soal-soal latihan dari modul 5 – 12
Pembahasan evaluasi belajar di SD dan membahas soal-soal latihan untuk persiapan menghadapi Ujian Akhir Semester.
Pembahasan soal-soal latihan dari modul 5-12 untuk persiapan  mengahadapi Ujian Akhir Semester (UAS).
120 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
8

                                 Mengetahui:                                                                                                                     Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd                                                                                           Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004











CATATAN  PERTEMUAN TUTORIAL
Kode  MK      : PDGK 4102                                                                                                                          Semester            : 1 (satu)
Judul  MK      : KONSEP DASAR IPS                                                                                             Lokasi             : SDN BERAN NGAWI
Tutor               : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.                                                                            Kode Kelas    : BI / PGSD
Pertemuan Ke
Materi
Tanggal
Catatan Kegiatan
Untuk ditindaklanjuti
Tanda tangan
Tutor
Ketua Kelas
1
KONSEP DASAR IPS dan Konsep Dasar IPS.
20-04-2014
Mahasiswa belum membaca modul, karena modul baru dibagi paada  saat pertemuan pertama


a.    Membahas materi esensial dengan peta konsep yang telah dipersiapkan oleh tutor tentang perspektif pendidikan di SD.
b.    Dan Landasan pendidikan  di SD.


2
Karakteristik dan perkembangan Pendidikan Sekolaah Dasar.
27-04-2014
Mahasiswa bersama tutor membahas tentang karakteristik dan perkembangan pendidikan anak SD.

a.    Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan materi yang telah dibahas dengan tutor tentang karakteristik dan perkembangan pendidikan anak SD


3
Tugas Tutorial ke: I,  Modul 1 s/d 3
Karakteristik perkembangan siswa Sekolah Dasar.
04-05-2014
Tugas I, dari tutorial pada mahasiswa,  dari modul 1 s/d 3. Mahasiswa dan tutor membahas karaktristik perkembangan siswa Sekolah Dasar.

a.    Mahasiswa mengajarkan tugas tutorial ke: 1 selama 60 menit
b.    Mahasiswa dan tutor membahas karakteristik perkembangan siswa SD


4
Karakteristik belajar siswa dan layanan pendidikan bagi siswa SD.
11-05-2014
Mahasiswa dan tutor membahas tentang  Karakteristik belsjsr siswa dan Layanan pendidikan  bagi siswa SD.


a.       Mahasiswa diharapkan dapat menjelaskan tentang Karakteristik Belajar Siswa dan Layanan Pendidikan bagi siswa SD


5
Tugas tutorial ke II.
Kompetensi Guru dan kurikulum Sekolah Dasar
18-05-2014
Tugas ke II selama 60 menit, dan membahas tentang Kompetensi Guru dan kurikulum Sekolah Dasar

Mahasiswa mengerjakan tugas tutorial ke : II selama 60 menit, dan dilanjutkan membahas tentang Kompetensi Guru dan kurikulum sekolah Dasar.


6
Bahan belajar dan Potret pembelajaran di Sekolah Dasar
25-05-2014
Mahasiswa bersama tutor membahas tentang bahan belajar dan petret pembelajaran di SD

Mahasiswa dapat menentukan penataan bahan belajar dan pottret pembelajaran di Sekolah Dasar


7
Tugas tutorial   ke:  III

Potret pembelajaran dan Evaluasi program pembelajaran  di Sekolah Dasar

01-06-2014
Mengerjaan  tugas  ke: III

Dan  membahas  tentang  Potret pembelajaran  dan  Evaluasi program  pembelajaran  di Sekolah  Dasar

Mahasiswa mengerjaan tugas ke: III  selama 60 menit.
 Dan membahas tentang Potret pembelajaran dan Evaluasi program pembelajaran  di Sekolah Dasar




8
Evaluasi dan Sumber Daya Sekolah Dasar
08-06-2014
Mahasiswa bersama tutor membahas soal-soal latihan  dan membahas  persiapan materi untuk menghadapi UAS.

Mahasiswa bersama tutor membahas materi persiapan Ujian Akhir Semester (UAS).



                                                  Mengetahui:                                                                                                    Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd                                                                                           Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004



                                          SATUAN ACARA TUTORIAL
 (Pertemuan ke: 1)

Kode/nama Mata Kuliah/SKS              : PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor                                          : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum                               : Membahas Ruang Lingkup Perkembangan Pendidikan Sekolah Dasar
Kompetensi Khusus                              : Dapat menjelaskan Ruang Lingkup Perkembangan Pendidikkan Sekolah Dasar Era Orde Baru.
Pokok Bahasan                                    : Ruang Lingkup Perkembangan Pendidikan Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan                             : 1. Perkembangan Pendidikan Sekolah Dasar di Era Orde Baru.
                                                              2. perkembangan Pendidikan Sekolah Dasar di Era Reformasi.           
Model Tutorial                          : Latihan keterampilan dan  inkuiri
TAHAP KEGIATAN
RINCIAN  KEGIATAN
WAKTU
MEDIA/SUMBER  BELAJAR
TUTOR
MAHASISWA
I. Tahap Pendahuluan
1.    Apersepsi berupa penyampaian tujuan tutorial, tentang KONSEP DASAR IPS
2.    Membentuk kelompok
3.    Menyampaikan tugas yang perlu dikerjakan mahasiswa selama tutorial.
1.    Dapat menjelaskan Konsep Dasar IPS (SD)
2.    Membentuk kelompok
3.    Mencatat hal-hal penting tentang Landasan filosofis, psikologis, dan  sosiologis-antropologis pendidikan SD


20 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
II. Tahap   Pelaksanaan/ 
     Penyajian
1.    Menyajikan pokok materi modul tentang Batasan dan teori perkembangan sosial emosional pada anak.
2.    Membimbing diskusi, tanya jawab, silang tanya tentang  landasan pendidikan di SD yang sedang dibahas sampai semua mahasiswa mendapat peluang yang sama untuk menjawab dan bertanya
1.    Menyimak, mencatat hal-hal penting dan mendalami sajian tutor tentang materi yang dibahas
2.    Menjawab, bertanya serta berbagi ide dalam diskusi tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan materi landasan historis, ideologis, dan yuridis pendidikan SD

70  menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
III. Tahap Penutup
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan silang tanya,menyimpulkan materi yang sedang dibahas serta menyampaikan informasi tentang tugas untuk pertemuan  berikutnya yaitu membuat perencanaan asesmen ruang lingkup tentang Karakteristik Pendidikan SD

Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan dan mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu membuat perencanaan asesmen tentang karakteristik pendidikan di SD
30 menit


                                 Mengetahui:                                                                                                                     Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd                                                                                           Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004














SATUAN  ACARA  TUTORIAL
(SAT  Pertemuan ke 2)

Kode/nama Mata Kuliah/SKS              : PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.                                                                                                                             Nama Tutor                                          : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum                               : Dapat memahami dan mengkaji Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
Kompetensi Khusus                              : Dapat menjelaskan, dan  mengkaji  Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
Pokok Bahasan                                    : Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
 Sub Pokok Bahasan                : 1. Karakteristik perkembangan fisik, motorik, emosi dan sosial anak.
                                                   2.Karakteristik perkembangan  intelektual, bahasa, moral dan spiritual.
Model Tutorial                          : Latihan keterampilan dan inkuiri

TAHAP KEGIATAN
RINCIAN  KEGIATAN
WAKTU
MEDIA/SUMBER  BELAJAR
TUTOR
MAHASISWA
I. Tahap Pendahuluan
Mengadakan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa tentang  Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
Mengemukakan pendapat, menjawab, dan silang tanya tentang perencanaan asesmen Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
20 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
II. Tahap   Pelaksanaan/ 
     Penyajian
a.Menyajikan  pokok materi tentang perencanaan Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
b.Membimbing presentasi, diskusi, tanya jawab, tentang  karakteristik belajar siswa Sekolah Dasar.
a.    Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu; Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar.
b.    Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas.

70  menit

III. Tahap Penutup
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan silang tanya,menyimpulkan materi yang sedang dibahas serta menyampaikan informasi tentang tugas untuk pertemuan  berikutnya yaitu membuat perencanaan asesmen pengelolaan lingkungan belajar siswa Sekolah Dasar (SD)
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu mengumpulkan data, merencanakan, membuat, melaksanakan, menganalisis data tentang karakteristik beelajar siswa SD.


30 menit


                                 Mengetahui:                                                                                                                     Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd                                                                                           Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004



















SATUAN  ACARA  TUTORIAL
(SAT  Pertemuan ke 3)

Kode/nama Mata Kuliah/SKS              : PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor                                          : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum                               : Dapat memahami dan mengkaji Karakteristik Belajar Siswa Sekolah Dasar
Kompetensi Khusus                              : Dapat menjelaskan dan melaksanakan perencanaan pelaksanaan kegiatan pengembangan belajar siswa SD
Pokok Bahasan                                    : Karakteristik Belajar Siswa Sekolah Dasar.                                                                                                                                                       Sub Pokok Bahasan                             : 1. Bentuk-bentuk  kegiatan belajar siswa SD. dan           2. Motivasi Belajar Siswa.
Model Tutorial                          : Latihan  keterampilan dan  inkuiri

TAHAP KEGIATAN
RINCIAN  KEGIATAN
WAKTU
MEDIA/SUMBER  BELAJAR
TUTOR
MAHASISWA
I. Tahap Pendahuluan
Mengadakan reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dan mahasiswa diberi  tugas tutorial dengan meminta mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan data tentang karakteristik belajar siswa SD yang telah dibuat dan dilaksanakan

Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya dan mahasiswa diberi  tugas tutorial dan hasil pengumpulan data perencanaan pelaksanaan kegiatan pengembangan belajar siswa SD yang telah dilaksanakan
60 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
II. Tahap   Pelaksanaan/ 
     Penyajian
a.    Menyajikan pokok materi tentang Karakteristik Perkembangan Belajar Siswa Sekolah dasar.
b.    Membimbing presentasi, diskusi, tanya jawab, silang tanya tentang perencanaan pelaksanaan kegiatan pengembangan belajar siswa SD, dan  semua mahasiswa mendapat peluang yang sama untuk presentasi, menjawab maupun bertanya. Dan mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial

a.    Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu tentang Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar..
b.     Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas tentang Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar. Dan mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial
40  menit

III. Tahap Penutup
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan silang tanya,menyimpulkan materi yang sedang dibahas serta menyampaikan informasi tentang tugas untuk pertemuan  berikutnya yaitu membuat perencanaan asasmen perkembangan belajar dan Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah dasar..
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu mengumpulkan data, merencanakan, membuat, melaksanakan, menganalisis data perencanaan pelaksanaan kegiatan belajar siswa SD.
20 menit


                                 Mengetahui:                                                                                                                     Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd                                                                                           Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004

















SATUAN  ACARA  TUTORIAL
(SAT  Pertemuan ke 4)

Kode/nama Mata Kuliah/SKS              : PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor                                          : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum                               : Dapat memahami Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
Kompetensi Khusus                              : Dapat menjelaskan Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.                                                                         Pokok Bahasan                                    : Karakteristik belajar  siswa Sekolah Dasar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan                             : Bentuk-bentuk kegiatan belajar yang biasa dilakukan siswa SD, dan Prinsip-prinsip Bimbingan di Sekolah Dasar.   
Model Tutorial                          : Latihan keterampilan dan inkuiri

TAHAP KEGIATAN
RINCIAN  KEGIATAN
WAKTU
MEDIA/SUMBER  BELAJAR
TUTOR
MAHASISWA
I. Tahap Pendahuluan
Mengadakan reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa tentang Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar., dengan meminta mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan data, serta rencana, pelaksanaan, analisis data yang telah dibuat dan dilaksanakan


Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya tentang hasil pengumpulan data tentang Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar  yang telah dibuat dan dilaksanakan
20 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
II. Tahap   Pelaksanaan/ 
     Penyajian
a.    Menyajikan pokok materi tentang bentuk-bentuk kegiatan belajar yang biasa dilakukan siswa Sekolah Dasar.
b.    Membimbing presentasi, diskusi, tanya jawab, silang tanya tentang  materi yang dibahas yaitu Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar dan semua mahasiswa mendapat peluang yang sama untuk presentasi, menjawab maupun bertanya

a.    Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu Karakteristik belajar dan Layanan pendidikan bagi siswa Sekolah Dasar.
b.     Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas tentang berbagai layanan pendidikan untuk anak Sekolah Dasar.
70  menit

III. Tahap Penutup
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan silang tanya, menyimpulkan materi yang  dibahas,  menyampaikan informasi tentang tugas pada pertemuan  berikutnya yaitu mengumpulkan data dan merencanakan, membuat, melaksanakan, menganalisis data berbagai layanan pendidikan untuk anak SD
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu mengumpulkan data, merencanakan, membuat, melaksanakan, menganalisis data berbagai layanan pendidikan anak SD.
30 menit


                                 Mengetahui:                                                                                                                     Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. Rusijono, M.Pd                                                                                                 Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004


















SATUAN  ACARA  TUTORIAL
(SAT  Pertemuan ke 5)

Kode/nama Mata Kuliah/SKS              : PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.                                                                                                                             Nama Tutor                                          : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum                               : Dapat memahami Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
Kompetensi Khusus                              : Dapat menjelaskan tentang  Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
Pokok Bahasan                                    : Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan                             : Forum Peningkatan  Profesionalitas Guru, dan Karakteristik mata pelajaran Sekolah Dasar.
Model Tutorial                          : Latihan keterampilan dan  inkuiri

TAHAP KEGIATAN
RINCIAN  KEGIATAN
WAKTU
MEDIA/SUMBER  BELAJAR
TUTOR
MAHASISWA
I. Tahap Pendahuluan
Mengadakan reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa tentang Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar dengan meminta  mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan data  serta rencana, pelaksanaan, analisis tentang Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar. dan mahasiswa diberi  tugas tutorial

Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya tentang Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.yang telah dibuat dan dilaksanakan dan mahasiswa diberi  tugas tutorial
60 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
II. Tahap   Pelaksanaan/ 
     Penyajian
a.    Menyajikan pokok materi tentang Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
b.    Membimbing presentasi, diskusi, tanya jawab, silang tanya tentang  materi yang dibahas yaitu Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar semua mahasiswa mendapat peluang yang sama untuk presentasi, menjawab maupun bertanya. Dan mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial

a.    Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu tentang Profil Kompetensi Guru dan Kurikulum Sekolah Dasar.
b.     Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas. Dan mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial
40  menit

III. Tahap Penutup
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan silang tanya, menyimpulkan materi yang  dibahas,  menyampaikan informasi tentang tugas pada pertemuan  berikutnya yaitu mengumpulkan data dan  merencanakan, Forum Peningkatan  Profesionalitas Guru, dan Karakteristik mata pelajaran Sekolah Dasar.
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu mengumpulkan data, merencanakan,        dan membuat Forum Peningkatan  Profesionalitas Guru, dan Karakteristik mata pelajaran Sekolah Dasar.
20 menit

  
                                 Mengetahui:                                                                                                                     Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. Rusijono, M.Pd                                                                                                 Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004













SATUAN  ACARA  TUTORIAL
(SAT  Pertemuan ke 6)

Kode/nama Mata Kuliah/SKS              : PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor                                          : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum                               : Dapat memahami sistem pengelolaan  bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
Kompetensi Khusus                              : Dapat menjelaskan, mengkaji,  menerapkan, mengevaluasi pengelolaan  bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
Pokok Bahasan                                    : Pengelolaan bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
Sub Pokok Bahasan                             : Pengembangan bahan ajar di Sekolah dasar, dan Pembaharuan pembelajaran  yang diterapkan di Sekolah Dasar.   
Model Tutorial                          : Latihan keterampilan dan inkuiri

TAHAP KEGIATAN
RINCIAN  KEGIATAN
WAKTU
MEDIA/SUMBER  BELAJAR
TUTOR
MAHASISWA
I. Tahap Pendahuluan
Mengadakan reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa tentang bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar dengan meminta mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan data yang telah dibuat dan dilaksanakan
Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya tentang hasil pengumpulan data bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar yang telah dibuat dan dilaksanakan secara terpadu.
20 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
II. Tahap   Pelaksanaan/ 
     Penyajian
a.    Menyajikan pokok materi tentang bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
b.    Membimbing presentasi, diskusi, tanya jawab, silang tanya tentang  materi yang dibahas yaitu bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar dan mahasiswa mendapat peluang yang sama untuk presentasi, menjawab maupun bertanya

a.    Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan materi yang dibahas yaitu bahan belajar dan potret pembelajaran di Sekolah Dasar
b.     Presentasi berbagi ide.pendapat dalam diskusi, tanya jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas.


70  menit

III. Tahap Penutup
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan silang tanya, menyimpulkan materi yang  dibahas,  menyampaikan informasi tentang tugas pada pertemuan  berikutnya yaitu mengumpulkan data, dan merencanakan Pengembangan bahan ajar di Sekolah dasar, dan Pembaharuan pembelajaran  yang diterapkan di Sekolah Dasar.
Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu mengumpulkan data, dan  merencanakan, Pengembangan bahan ajar di Sekolah dasar, dan Pembaharuan pembelajaran  yang diterapkan di Sekolah Dasar.
30 menit


                                 Mengetahui:                                                                                                                     Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. Rusijono, M.Pd                                                                                                 Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004











SATUAN  ACARA  TUTORIAL
(SAT  Pertemuan ke 7)

Kode/nama Mata Kuliah/SKS              : PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor                                          : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum                               : Dapat memahami dalam pengelolaan evaluasi program pembelajaran di Sekolah dasar.
Kompetensi Khusus                              : Dapat menjelaskan Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.
Pokok Bahasan                                    : Hakekat dan Potret Evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan                             : Potret Pembelajaran di Sekolah Dasar, dan Potret Evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.
Model Tutorial                          : Latihan keterampilan dan  inkuiri

TAHAP KEGIATAN
RINCIAN  KEGIATAN
WAKTU
MEDIA/SUMBER  BELAJAR
TUTOR
MAHASISWA
I. Tahap Pendahuluan
Mengadakan reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya yaitu tentang Model perilaku kognitf-afektif dari William dan Model intelektual dari Guilford, maupun asesmen dan perkembangan perilaku , dengan meminta mahasiswa untuk mengemukakan hasil pengumpulan data tentang Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar. dan mahasiswa diberi  tugas tutorial
Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya tentang hasil pengumpulan data perkembangan perilaku dan rencana, pelaksanaan, analisis data Model Taksonomi Bloom beserta contohnya, Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar. dan mahasiswa diberi  tugas tutorial

60 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
II. Tahap   Pelaksanaan/ 
     Penyajian
Menyajikan pokok materi tentang Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.

Membimbing presentasi, diskusi dan  tanya jawab tentang Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar. Dan mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial

Mencatat hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan  materi yang dibahas tentang Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.
Presentasi berbagi ide/pendapat dalam diskusi, tanya jawab, silang tanya untuk lebih mendalami materi yang sedang dibahas. Dan mahasiswa mengerjakan Tugas Tutorial

40  menit

III. Tahap Penutup
Memberi penguatan terhadap hasil diskusi dan silang tanya, menyimpulkan materi yang  dibahas,  menyampaikan informasi tentang tugas pada pertemuan  berikutnya yaitu membuat laporan tentang Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.

Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun tugas yang diberikan tutor yaitu  membuat laporan tentang Hakekat dan potret evaluasi program pembelajaran di Sekolah Dasar.

20 menit


                                  Mengetahui:                                                                                                                    Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. Rusijono, M.Pd                                                                                                 Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004








SATUAN  ACARA  TUTORIAL
(SAT  Pertemuan ke 8)

Kode/nama Mata Kuliah/SKS              : PDGK 4102/ KONSEP DASAR IPS / 4 SKS.
Nama Tutor                                          : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
Kompetensi Umum                               : Dapat memahami dan mengkaji kembali  evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD.
Kompetensi Khusus                              : Dapat menjelaskan, mengkaji kembali, reviu sistem evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD.
Pokok Bahasan                                    : Evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di Sekolah Dasar.
Sub Pokok Bahasan                             : Langkah-langkah dan tindak lanjut evaluasi program pembelajaran, dan potret sumber daya di sekolah dasar.
Model Tutorial                          : Latihan keterampilan dan inkuiri

TAHAP KEGIATAN
RINCIAN  KEGIATAN
WAKTU
MEDIA/SUMBER  BELAJAR
TUTOR
MAHASISWA
I. Tahap Pendahuluan
Mengadakan reviu dan tanya jawab materi yang telah dibahas sebelumnya dengan mahasiswa tentang pelaporan perkembangan sosial emosional dengan meminta mahasiswa untuk mengemukakan hasil laporan evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD.

Mengemukakan pendapat, menjawab, silang tanya tentang hasil laporan perkembangan evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD.
20 menit
Abdul Azis Wahab., dkk. 2012
KONSEP DASAR IPS.  Jakarta :
Penerbit Universitas
Terbuka
II. Tahap   Pelaksanaan/ 
     Penyajian
a.    Membimbing mahasiswa untuk mengkaji kembali  evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD..yang telah dipelajari dan dilaksanakan mahasiswa
b.    Membimbing diskusi, tanya jawab tentang evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD dan semua mahasiswa mendapat peluang yang sama untuk mengkaji kembali, menjawab maupun bertanya

a.    Mencatat hal-hal penting, bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami berkaitan dengan evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD.
b.     Mengkaji kembali dalam bentuk tulisan, diskusi, tanya jawab, silang tanya tentang evaluasi program pembelajaran dan sumber daya di SD yang telah dipelajari, mengerjakan soal-soal latihan yang ada di dalam modul bersama tutor.
70  menit

III. Tahap Penutup
Memberi penguatan hasil diskusi dan silang tanya, menyimpulkan materi yang dibahas,  menyampaikan informasi dan menghimbau pada mahasiswa untuk mempelajari soal-soal   dan persiapan Ujian Akhir Semester (UAS).

Menyimak, mendalami penguatan tutor, mengerjakan, mencatat simpulan maupun himbauan dari tutor untuk  persiapan menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS).
30 menit


                                  Mengetahui:                                                                                                                    Ngawi,  8 Desember 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                 TUTOR


                                Prof. Dr. Rusijono, M.Pd                                                                                                 Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                         NIP : 19620615 198702 1 004












CATATAN  PERTEMUAN TUTORIAL
Kode  MK      : PDGK 4102                                                                                                                          Semester            :  1 (satu)
Judul  MK      : KONSEP DASAR IPS                                                                                                        Lokasi             :  SDN BERAN NGAWI
Tutor               : Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.                                                                                        Kode Kelas  :  S1 / PGSD
Pertemuan Ke
Materi
Tanggal
Catatan Kegiatan
Untuk ditindaklanjuti
Paraf
Tutor
Ketua Kelas
1









2










3



.







4










5










6











7











8












                                                  Mengetahui:                                                                                                                                          Ngawi : ........................................................ 2014
                                 Kepala UPBJJ-UT Surabaya                                                                                                                                                  TUTOR


                                Prof. Dr. RUSIJONO, M.Pd                                                                                                                                 Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd.
                                NIP: 19610211 198601 1 001                                                                                                                               NIP : 19620615 198702 1 004

4 komentar: