Kamis, 22 Januari 2015

Penilaian Performan Geografi - SMAN 6 MADIUN



PENILAIAN PERFORMAN

FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
JENIS SEKOLAH                   : SMA                                                                                      JUMLAH SOAL
MATA PELAJARAN : Geografi                                                                                 Bentuk penilaian / soal
KELAS/SEMESTER               : X / ...                                                                                      Penyusun : 1. ............... 2. .........
ALOKASI WAKTU               :

NO.
KD
KOMPETENSI DASAR
HASIL BELAJAR
INDIKATOR
MATERI
INDIKATOR
SOAL
Btk
Soal
Rnh
Soal
No.
Soal
1.1
Menyimpulkan hakekat geografi
Mengidentifikasi prinsip-prinsip Geografi
Obyek Material Geografi
Siswa dapat menjelaskan keadaan fenomena Geoster di lingkungan sekolah

UNO
C3
1

                                                            Contoh soalnya :


Jelaskan fenomena geosfer yang ada di lingkungan sekolahmu!

 
 




PEDOMAN PENSKORAN                                                                Kunci Jawaban                                                                                                 Skor  Jns Tag
NO.
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
a. Keadaan Atmosfer  : Udara sejuk dan lembab
b. Keadaan lithosfer     :  Tanahnya subur karena terdiri dari batuan berpasir
c. Keadaan hidrosfer   : Cukup tersedia air bersih, curah hujan dan dialiri sungai Brantas.
d. Keadaan Biosfer      : Tumbuhan tropis, pohon-pohon hasil penghijauan, hewan piaraan.
e. Keadaan Antroposfer:            Pelajar, Mahasiswa, Kaum pekerja dan wisatawan
                                     jumlah Skor
1
1
1

1
1
5
UH
1
Kebenaran Informasi
(tepat = 2, kurang = 1)
0.2
2
Kelengkapan Informasi
(lengkap = 3, cukup = 2, kurang = 1)
0.3
3
Penjelasannya
(Komunikatif = 3, cukup = 2, kurang = 1)
0.3
Skor Maksimum = 0 – 8
Keterangan: Nilai akhir = skor perolehan : skor maksimum x 100


PENILAIAN TERTULIS MENJODOHKAN
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL

Satuan Pendidikan        : SMA                                                  Jumlah Soal                  : .........
Mata Pelajaran : Geografi                                             Bentuk Penilaian           : .........
Kelas / Semester          : X / 2                                                   Penyusun                      : .........

No.
KD
Kompetensi
Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Materi
Indikator Soal
Jenis
Tagihan
No.
Soal
1.1
Kemampuan memprediksi dinamika perubahan biosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
Mengidentifikasi persebaran flora dan fauna di Indonesia
Biosfer
Disediakan data tentang persebaran flora dan fauna siswa dapat menjodohkan sesuai dengan pernyataan tentang persebaran flora dan fauna dengan tepat
UH
1

Contoh Alat Penilaian
Isilah sesuai dengan jawaban yang telah disediakan
1.      Pohon pinus merupakan vegetasi khas bioma
2.      Berdasarkan pembagian wilayah persebaran fauna dunia menurut Wallace benua Asia termasuk wilayah .....
3.      Fauna dangkalan Sahul bertipe ....
4.      Kondisi sebagian fauna bioma deciduous yang tertidur selama musim dingin disebut
5.      Salah satu jenis fauna yang terdapat di wilayah diantara garis Webber dan garis Wallace adalah ....

Jawaban yang tersedia :
1.      Steppa                                                 5. Taiga
2.      Komodo                                              6. Habitat
3.      Oriental                                                7. Koala
4.      Hibernasi                                              8. Australia

Pedoman Penskoran :
No.
Kunci Jawaban
Skor
1
2
3
4
5
E
C
H
D
B
0 – 1
0 – 1
0 – 1
0 – 1
0 – 1














PENILAIAN JAWABAN PORTOFOLIO
FORMAT KISI KISI PENULISAN SOAL

Satuan Pendidikan        : SMA                                                  Jumlah Soal                  : .........
Mata Pelajaran : Geografi                                             Bentuk Penilaian           : .........
Kelas / Semester          : X / 2                                                   Penyusun                      : .........
No.
KD
Kompetensi
Dasar
Hasil Belajar
Indikator
Materi
Indikator Soal
Jenis
Tagihan
No.
Soal
1.3
Kemampuan memprediksi dinamika perubahan antroposfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi.
Menghitung pertumbuhan penduduk suatu wilayah
Antroposfer (pertumbuhan penduduk)
Disajikan data pertumbuhan penduduk suatu wilayah tertentu
UNO


1.      Amatilah pola pemukiman yang ada di sekitar anda dan gambarlah pola pemukiman tersebut (memanjang, mengelompok atau menyebar)
2.      Pada masing-masing gambar silahkan analisa pengaruhnya terhadap keadaan sosial dan budaya.
3.      Bandingkan masing-masing pengaruh dan buat suatu kesimpulan berupa pelaporan!

Pedoman penskoran portopolio
No.
Aspek
Indikator
Skor
1
Gambar
1.      Gambar yang dibuat bagus dan ada kecocokan antara teori dan kenyataan di lapangan.
2.      Gambar yang dibuat tidak bagus dan ada kecocokan antara teori dan kenyataan di lapangan.
3.      Gambar yang dibuat tidak benar dan ada kecocokan antara teori dan kenyataan di lapangan.
4.      Gambar yang dibuat salah dan tidak ada kecocokan antara teori dan kenyataan di lapangan.
4

3

2

1

2
Kelengkapan
1.      Gambar yang dibuat lengkap (3 x benar)
2.      Gambar yang dibuat 2 benar 1 salah
3.      Gambar yang dibuat 1 benar 2 salah
4.      Gambar yang dibuat salah semua
4
3
2
1
3
Kejelasan
1.      Memiliki 4 unsur rapi, ejaan, bahasa benar dan jenis sehingga komunikatif.
2.      Hanya memenuhi 3 unsur, kurang komunikatif.
3.      Hanya memenuhi 2 unsur, kurang komunikatif.
4.      Hanya memenuhi 1 unsur, kurang komunikatif.
4

3
2
1
4
















Format Penilaian Pidato Bahasa Inggris
Nama peserta didik : ....................................                     kelas : ...................................
No.
Aspek Yang Dinilai
Baik
Tidak baik
1
Organization (introduction, body, conclusion)


2
Content (depth of knowledge, logic)


3
Fluency


4
Language



Pronunciation



Grammar



Vocabulary


5
Performance (eye contact, facial expression, gesture)


Skor yang dicapai

Skor maksimum
7

Keterangan
Baik mendapat skor 1
Tidak baik mendapat skor 0

2)   Skala Penilaian (Rating Scale)
Penilaian unjuk kerja yang menggunakan skala penilaian memungkinkan penilai memberi nilai tengah terhadap penguasaan kompetensi tertentu, karena pemberian nilai secara kontinum di mana pilihan kategori nilai lebih dari dua. Skala penilaian terentang dari tidak sempurna sampai sangat sempurna. Misalnya: 1 = tidak kompeten, 2 - cukup kompeten, 3 = kompeten dan 4 = sangat kompeten. Untuk memperkecil faktor subjektivitas, perlu dilakukan penilaian oleh lebih dari satu orang, agar hasil penilaian lebih akurat. Contoh RatingScale
Format Penilaian Pidato Bahasa Inggris
Nama Siswa:                                                                      Kelas:_____
No
Aspek Yang Dinilai
Nilai
1
2
3
4
1.
Organization (Introduction, body, conclusion)




2.
Content (depth ofknowledge, logic)




3.
Fluency




4.
Language:





pronunciation





grammar





vocabulary




5.
Performance (eye contact, facial expression, gesture)




Jumlah




Skor Maksimum
28
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Kriteria penilaian dilakukan sebagai berikut:
1)      Jika seorang siswa memperoleh skor 26-28 dapat ditetapkan sangat kompeten.
2)      Jika seorang siswa memperoleh skor 21-25 dapat ditetapkan kompeten.
3)      Jika seorang siswa memperoleh skor 16-20 dapat ditetapkan cukup kompeten.
4)      Jika seorang siswa memperoleh skor 26-28 dapat ditetapkan tidak kompeten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar