Kamis, 22 Januari 2015

Geografi dan Kreatifitas - SMAN 6 Madiun



Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Melalui Teknik Creativity Approach Learning pada siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Salah satu usaha pemerintah dalam mencapai tujuan tersebut adalah dengan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, secara ideal, pengajaran yang diharapkan adalah pengajaran yang efektif, karena kreatifan merupakan suatu tolak ukur dalam mencapai tujuan. Dengan demikian dikatakan bahwa efektif atau tidaknya sesuatu hal dapat menyebabkan tercapainya tujuan yang handal di capai
Proses belajar mengajar yang bermuara pada suatu hasil yang sesuai dengan kompetensi dasar mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi siswa, namun demikian hasil yang telah dicapai siswa diharapkan dapat digunakan dikemudian hari, baik selama siswa disekolah maupun meninggalkan bangku sekolah. Hasil belajar yang telah diperoleh, disimpan untuk kemudian digali dari ingatan pada saat dibutuhkan
Dalam rangka belajar mengajar di sekolah, mata Pelajaran Geografi  merupakan bidang pelajaran efektif, artinya mata Pelajaran Geografi selain mengharuskan siswa menguasai teori ilmu pengetahuan, siswa juga harus secara aktif menerapkan sikap yang berdasarkan landasan teori ilmu pengetahuan yang dikuasai itu, dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat digunakan sebagai wahana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral yang berakar pada budaya bangsa Indonesia
Disamping itu pengajaran dalam Mata Pelajaran Geografi juga dimaksudkan guna membekali siswa dengan budi pekerti, pengetahuan dan kemauan untuk mengembangkan kemampuan dasar yang berkenaan dengan hubungan antar warga negara dengan negara serta pendidikan bela negara agar menjadai warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara, secara umum fungsi pengajaran dalam Mata Pelajaran Geografi seperti tercantum dalam GBPP mata Pelajaran Geografi  adalah :
1.       Mengembangkan potensi Wilayah dan perwilayahan. secara dinamis dan terbuka.
2.       Mengembangkan dan membina manusia Indonesia seutuhnya
3.       Membina pemahaman dan kesadaran bahwa Wilayah dan perwilayahan.  sangat berpengaruh terhadap kehidupan
Melalui Teknik Pembelajaran Creativity Approach Learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) diharapkan siswa dapat meningkatkan prestasi belajar sesuai materi atau topik yang dibahas. Pembelajaran akan lebih terasa memperoleh hasil dan akan membantu siswa untuk mengurangi keadaan lupa dan akhirnya diharapkan memperoleh hasil yang optimal. Sedangkan guru dalam pembelajaran tersebut memungkinkan siswa sehingga materi pembelajaran mudah diserap oleh siswa. Sehingga penulis mengambil judul : Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Melalui Teknik Creativity Approach Learning pada siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015.

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan itulah maka identifikasi masalahnya yaitu sebagai berikut :
1.       Tentang Teknik Creativity Approach Learning
Teknik ini pada prinsipnya ialah memberikan kesempatan pada siswa kelompok atas memberi pelajaran bagi siswa kelompok bawah, sehingga akan terjadi kerja sama antara siswa kelompok atas maupun siswa kelompok bawah dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik


2.       Tentang Prestasi Belajar
Prestasi belajar disini dapat diartikan sebagai suatu hasil yang diperoleh siswa setelah proses belajar mengajar berlangsung dan dijadikan tokok ukur keberhasilan siswa dalam menguasai dan memahami materi pelajaran yang diterima

C.     Pembatasan Masalah

Untuk menghindari kesalah pahaman dan meluasnya masalah akan peneliti berikan batasan permasalahan, dalam penelitian ini batasan masalahnya adalah sebagai berikut :
a.       Penelitian mengenai manfaat penggunaan Teknik Creativity Approach Learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) dalam peningkatan prestasi belajar, dalam Mata Pelajaran Geografi hanya terbatas pada siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015
b.       Prestasi belajar dibatasi pada ulangan harisn yang berlaitan dengan Wilayah dan perwilayahan.

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
“Dapatkah Teknik Creativity Approach Learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik) digunakan dalam peningkatan prestasi belajar Geografi pada siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015.”
 

E. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat penggunaan Teknik “Creativity Approach Learning (pendekatan pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik)” dalam prestasi belajar. siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015.

F. Manfaat Hasil Penelitian

Setiap kegiatan penelitian pasti ada sesuatu kegunaan yang hendak dicapainya, adapun kegunaan dilaksanakan penelitian ini adalah :
b.      Memberikan sumbangan pemikiran bagi guru, khususnya mata pelajaran Geografi dalam rangka meningkatkan kognitif dan efektifnya
c.      Memberikan pengalaman kepada peneliti dalam menerapkan pengetahuan dan wawasan yang telah diperolehnya sesuai bidang pengetahuan yang dimiliki.

G. Hipotesis Tindakan

Hipotesis adalah salah satu persyaratan yang masih disangsikan kebenarannya, hipotesis ini dapat dikatakan sebagai kesimpulan yang mungin benar dan mungkin salah
Dengan petunjuk ini peneliti dapat mengajukan hipotesis sebagai berikut : “ Jika penggunaan Teknik Creativity Approach Learning  diterapkan dalam proses Pembelajaran, Maka Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas X Semester Genap di SMA Negeri 6 Madiun, Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015 akan meningkat ”.

H. Definisi Operasional
      1. Creativity Approach Learning adalah Creatif dalam bahasa inggris yang berarti trampil, cekatan, mampu melakukan suatu kegiatan, sedangkan Approach dalam bahasa inggris berarti pendekatan. jadi arti dari Creativity Approach Learning berarti pendekatan pembelajaran yang mengembangkan Kreativitas peserta didik/mengembangkan ketrampilan siswa dalam melakukan suatu kegiatan dalam pembelajaran
      2. Prestasi menurut kamus populer Bahasa Indonesia adalah yang dikerjakan, apa yang dihasilkan”. Jadi pengertian prestasi dapat didefinisikan sebagai berikut : “Prestasi adalah suatu kemampuan yang telah dicapai atas usaha manusia yang seoptimalkan mungkin”
      3. Prestasi Menurut Arfina dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia adalah hasil yang telah dicapai dengan baik, hasil dari suatu pekerjaan, hasil dari sesuatu yang dilakukan” (1995 : 373).
      4. Prestasi menurut Winkel adalah hasil yang diacapai dalam mata pelajaran tertentu di sekolah“ (1984 : 30). kemudian Winkel berpendapat bahwa prestasi belajar adalah : “Hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa dalam mata pelajaran tertentu dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, pemahaman, sikap dan nilai (Winkel, 1984:30).
5.     Belajar Menurut Slameto adalah “suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman dan individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (1988 : 2) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar