Kamis, 22 Januari 2015

Format Naskah Artikel Bagi Guru - SMAN 6 MADIUN



Format Naskah Artikel Ilmiah

Judul artikel
Judul artikel PTS/PTK ditulis secara informatif, memuat kata-kata kunci yang menggambarkan upaya perbaikan atau peningkatan kepengawasan. (Ukuran Font Times New Romant 14 pt)

Nama penulis
Nama penulis dicantumkan tanpa disertai gelar akademik. Nama dan alamat institusi penulis dituliskan pada catatan kaki. (Ukuran Font Times New Romant 12 pt)

Abstrak
Abstrak dituliskan dalam bahasa Indonesia sebanyak satu paragrap dan panjangnya tidak lebih dari 200 kata. Diketik dengan spasi tunggal dan format lebih sempit dari teks utama. Abstrak berisi uraian singkat tentang permasalahan, tujuan, prosedur PTS/PTK dan temuan hasil PTS. Abstrak harus disertai dengan 3-5 kata kunci. (Ukuran Font Times New Romant 10 pt)

Pendahuluan
Bagian ini menyajikan secara singkat rasional pengembangan inovasi, masalah dan tindakan pemecahan masalah, serta tujuan pengembangan inovasi. Pada bagian ini dicantumkan indikator keberhasilann dan landasan teori secara ringkas yang langsung merujuk pada masalah yang diteliti, disertai rujukan pustaka yang terjamin otoritas penulisnya. (Ukuran Font Times New Romant 12 pt)

Metode
Dalam bagian ini diuraikan rancangan PTS beserta siklusnya, subjek dan objek pengembangan, instrumen, serta analisis/pengolahan data. (Ukuran Font Times New Romant 12 pt)

Hasil dan Pembahasan
Bagian ini berisi temuan PTS dan pembahasannya, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, dengan dilengkapi tabel, grafik, gambar, skema, atau foto. Temuan PTS harus berkaitan dengan masalah pengembangan atau inovasi dan merupakan dasar untuk menarik simpulan dan membuat saran. (Ukuran Font Times New Romant 12 pt)

Ucapan Terima Kasih
(Ukuran Font Times New Romant 12 pt)

Simpulan dan saran
Simpulan disusun berdasarkan temuan dan merupakan jawaban singkat atas masalah PTS. Saran disusun berdasarkan simpulan dan sebaiknya mengacu kepada tindakan praktis atau pengembangan lanjutan sebagai refleksi dari kegiatan kepengawasan. (Ukuran Font Times New Romant 12 pt)

Daftar pustaka
Bagian ini berisikan semua sumber pustaka yang digunakan dan diacu dalam badan artikel. Daftar pustaka ditulis sesuai dengan format yang diurutkan secara alfabetis nama pengarangnya.

12.    Lain-Lain
Hal lain yang perlu diperhatikan oleh tim pakar pendidikan sebagai pembimbing adalah (1) menyusun program kerja pendampingan, mencakup (a) penyusunan proposal, (b) pelaksanaan penelitian tindakan, (c) penulisan laporan hasil penelitian (d)penulisan artikel ilmiah; (2) memeriksa mutu laporan hasil penelitian yang dibuat peserta / pengawas sebelum menandatanganinya; (3) menentukan format dan sistem penilaian laporan hasil penelitian yang dibuat pengawas (4) menentukan kriteria untuk menetapkan penelitian terbaik (5) menyusun laporan kegiatan pendampingan pelaksanaan penelitian tindakan sekolah sebagai pertanggungjawaban kepada direktorat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar