Senin, 19 Januari 2015

Ada Tiga Cara Masuk Perguruan Tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengatakan, institusinya sudah melakukan pertemuan bersama Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk membicarakan pengaturan mekanisme bagaimana melanjutkan pendidikan dari SMA menuju perguruan tinggi.

"Sebentar lagi anak-anak SMA akan melaksanakan Ujian Nasional (UN). Lalu mereka akan masuk perguruan tinggi, ini yang perlu diatur," kata Nasir di Jakarta, Selasa (13/1).

Kemenristek Dikti, kata dia, sudah membuat keputusan tata cara masuk perguruan tinggi negeri. Pihaknya juga sudah mengeluarkan peraturan Menristek Dikti bagaimana masuk ke perguruan tinggi negeri  (PTN) 2015.

Menurut Nasir, terdapat tiga cara masuk PTN. Pertama melalui jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN). Kedua  melalui Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), dan ketiga melalui  Ujian Mandiri (UM).

"Semua lulusan SMA maupun Madrasah Aliyah (MA) bisa masuk melalui tiga jalur. Terserah para siswa ingin masuk melalui jalur yang mana," kata mantan rektor Universitas Diponegoro tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar