Pada saat
ini pendekatan model sentra menjadi trend dalam menyelenggarakan PAUD, berikut
akan dibahas alasan penggunaan sentra dalam PAUD,
yang meliputi :
1. Nilai bermain
Seperti telah kita ketahui
bahwa semboyan kegiatan pengembangan pada anak usia dini adalah ”bermain sambil
belajar dan belajar seraya bermain”. Bermain adalah pekerjaan anak-anak dan
anak-anak selalu ingin bermain. Dalam bermain anak-anak mengembangkan sesuatu
yang berbeda dan membedakan pendekatan yang terbaik. Dalam bermain anak-anak
menggunakan bahasa untuk melancarkan kegiatan, menjelajah dan menyaring bahasa
mereka ketika mereka bicara dan mendengarkan anak-anak lainnya.
2. Pusat Minat atau Pusat kegiatan (Sentra)
Salah satu pendekatan yang
membantu kreativitas dalam penggunaan perlatan adalah dengan menyediakan salah
satu bagian dari kegiatan, minat dan lingkungan dengan mengidentifikasi
kegiatan dan peralatan untuk setiap kelompok anak di kelas.
Dalam ruang kelas untuk anak
usia dini, lingkungan didesain untuk pengembangan total secara alamiah bagi
anak-anak. Kegiatan kelas menyediakan kesempatan pada anak-anak untuk
berpartisipasi secara individual dalam tim dan kelompok kecil.
3. Sentra adalah pembelajaran terpadu
Sentra adalah pembelajaran
terpadu yang terbaik. Sentra dapat membantu anak-anak mengembangkan seluruh
kemampuannya secara bersamaan. Dalam satu kegiatan belajar, anak-anak dapat
mengembangkan aspek bahasa, kognitif fisik motorik, sosialemosionalnya dalam
satu kesempatan.
Penataan
ruangan di lembaga PAUD yang dibahas dalam kegiatan belajar ini, ditujukan
untuk pendidik (guru dan pengasuh) yang menginginkan kelasnya menjadi tempat
yang menarik atau memadai sebagai tempat bermain dan belajar. Selain itu, dengan membaca kegiatan belajar
ini, diharapkan para pendidik untuk lembaga PAUD tertarik mencoba menyusun
ruangan sentra yang sesuai dengan kebutuhan, minat dan kondisi lingkungan di
lembaga PAUD di manapun berada dan memberi kesempatan kepada pendidik untuk menata
dan mendesain ruangan kelasnya dengan
cara yang kreatif sehingga proses pengembangan kemampuan anak dapat lebih
optimal.
Beberapa alasan
mengapa pada lembaga PAUD disarankan untuk menggunakan sentra adalah karena :
1. Dunia
anak adalah dunia bermain,
2. Sebaiknya
pendidik menyediakan lingkungan belajar yang merangsang anak untuk bermain,
mengeksplor dan mengembangkan ide-ide tersebut dengan pengalaman yang telah mereka peroleh dalam kehidupan yang diperoleh ketika anak
berinteraksi dengan lingkungannya,
3. Sentra
adalah pembelajaran terpadu yang terbaik. Sentra dapat membantu anak-anak
mengembangkan seluruh kemampuannya secara bersamaan. Dalam satu kegiatan
belajar, anak‑anak dapat mengembangkan aspek bahasa, kognitif, fisik-motorik,
sosial emosionalnya dalam satu kesempatan.
Pemilihan sentra
sebaiknya disesuaikan dengan.ruang kelas yang disesuaikan dengan bakat
anak-anak, sedangkan banyaknya sentra tergantung pada jumlah anak dalam kelas,
dan sesuaikan dengan kondisi dan keadaan sekolah dan ruang kelas Anda.
Sentra yang
ditawarkan dalam kegiatan belajar ini merupakan contoh yang dapat dipilih dan
dikembangkan secara kreatif oleh pendidik. Pilihlah sentra yang sesuai dengan
kondisi lingkungan dan kemampuan sekolah. Sentra ersebut adalah sentra
tradisional, meliputi sentra rumah tangga (housekeeping
centre), sentra balok (block centre),
sentra seni (art centre), sentra
pasir dan air (sand and water centre),
sentra perpustakaan (library centre),
sentra musik dan suara (music and sound
centre), sentra menulis (writing
centre), serta sentra sains dan alam (science
and nature centre). Adapun sentra sosio drama, meliputi sentra mal (mall centre), sentra ruang dokter atau
rumah sakit (doctor’s office or hospital
centre), sentra toko grosir (the
grocery centre), sentra memasak (bakery
or cooking centre). Sentra
unik meliputi sentra ruang angkasa (space
centre)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar