Selasa, 24 Maret 2015

Penilaian kegiatan di KB dan TPA-ADISA SMAN 6 MADIUN



Penilaian kegiatan di KB dan TPA
1.  Evaluasi atau penilaian adalah proses yang dilakukan secara sistematik meliputi pengumpulan, penganlisisan, penafsiran, pemberian keputusan tentang data atau informasi yang dikumpulkan.

2.  Penilaian kegiatan di KB dan TPA merupakan proses evaluasi yang dilakukan mulai dari merencankan, melaksanakan dan menilai kegiatan (input, proses dan output).
3. Aspek yang dievaluasi mencakup aspek perkembangan anak dan kegiatan belajar mengajar.
4. Penilaian dan evaluasi pada modul ini digunakan dengan maksud dan arti yang sama.
5.  Prinsip-prinsip penilaian terdiri dari keterpaduan, komprehensif, berkesinambungan, objektivitas, relevansi, keteraturan, vali, mendidik, berorientasi pada perkembangan anak, terbuka dan bermakna.
6.  Bentuk-bentuk penilaian bergantung pada teknik penilaian yang digunakan.
7.  Teknik penilaian terdiri dari dua, yaitu teknik tes dan teknik nontes.
     Teknik tes terdiri dari ters tertulis, tes lisan dan tes perbuatan, sedangkan teknik nontes terdiri dari teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi, portofolio dan sosiometri.
8.  Penilaian yang digunakan di kelompok bermain dan temapt penitipan anak lebih banyak bersifat naratif (kualitatif) daripada perhitungan secara kuantitatif. Teknik yang lebih banyak digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan portofolio. Masing-masing teknik memiliki ciri-ciri dan langkah-langkah penggunaan.
B. Prosedur penilaian Circle Time berdasarkan BCCT dan berbasis sebtra di KB dan TPA
1. Langkah-langkah menyusun penilaian secara detail adalah
a. Menyiapkan pedoman atau instrumen penilaian
b. Menyiapkan format penilaian,
c. Menyiapkan alat perekam data seperti alat tulis, buku catatan, tape recorder, kamera, handycam,
d. Melakukan pengamatan secara mendalam,
e. Mencatat atau merekam semua kejadian,
f. Mengecek data dari berbagai sumber,
g. Merekapitulasi data,
h. Menganalisis dan menafsirkan data,
i. Mengambil keputusan,
j. Melaporkan penilaian.
2. Langkah melakukan asesmen atau penilaian perkembangan anak adalah
a. Langkah umum terdiri dari review referral information, memeriksa data yang berkaitan dengan anak; mendapat hasil yang relevan tentang semua kondisi anak; menggali perilaku yang berhubungan dengan masalah anak; melakukan observasi terhadap anak dalam berbagai setting; mempersiapkan standar tes yang sesuai dengan usia anak; menginterprestasi hasil tes,
b. Langkah khusus terdiri dari merencanakan asesmen perkembangan dalam lesson plan, melakukan perekaman data melalui berbagai teknik (proses sama dengan kegiatan belajar mengajar), merekap semua data berdasarkan hasil perekaman data (proses sama dengan kegiatan belajar mengajar) menganalisis, menafsirkan, dan menyimpulkan semua data (proses sama dengan kegiatan belajar mengajar).

3. Bentuk penilaian yang termasuk dalam teknik observasi adalah Daftar Nama (Class List Log), Jurnal Refleksi (Reflective Journal), Catatan Anekdot (Anecdotal Recording), Ceklist (Checklist), Perhitungan frekuensi (Frekuensi Count), Wawancara atau interview (Conversations or Interviews), Pencatatan waktu (Time Sample), Skala Penilaian (Rating Scale), Hasil Karya (Work Sample), Teknologi (Technology), Laporan kekerasan pada anak-anak (Child abuse reporting), Program Asesmen
4.  Tujuan melakukan penilaian adalah untuk membantu atau mengetahui perkembangan anak secara umum dalam pengasuhan, berpikir, dan tingkat kepercayaannya. Perencanaan ini dapat berjalan sukses mencapai tujuan apabila dilakukan atau didukung oleh pengukuran kemajuan, lingkungan atau kurikulum untuk membantu perkembangan anak secara individual, dokumentasi perkembangan anak dan berbagi dengan keluarga.
5.         Penilaian kegiatan di KB dan TPA mencakup penilaian atau asesmen perkembangan anak, yaitu aspek kognitif, bahasa, sosioemosional, dan psikomotorik; dan kegiatan belajar mengajar mencakup tujuan atau kemampuan, materi, metode, media, kegiatan belajar mengajar dan evaluasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar