Selasa, 24 Maret 2015

pendekatan sentra di KB dan TPA-ADISA SMAN 6 MADIUN



Prinsip, rambu dan pengaturan kegiatan berbasis sentra di KB dan TPA
1. Langkah persiapan yang harus dilaksanakan untuk pendekatan sentra di KB dan TPA
adalah:
a. penyiapan pendidik dan pengelola melalui latihan dan pemagangan;
b. penyiapan empat dan Alat Permainan Edukatif (APE) sesuai dengan jenis sentra yang akan dibuka dan tingkatan usia anak;
c. penyiapan administrasi kelompok dan catatan perkembangan anak;
d. pengenalan pendekatan sentra kepada para orang tua.

2. Prinsip-prinsip umum pendekatan sentra di KB dan TPA adalah keseluruhan proses pembelajaran dilaksanakan berlandaskan pada teori dan renga;aman empirik
a. Tiap proses pembelajaran harus ditujukan untuk tuk merangsang seluruh aspek kecerdasan– anak (kecerdasan jamak) melalui bermain yang terencana dan terarah serta dukungan pendidik dalam bentuk 4 jenis pijakan.
b. Menempatkan penataan lingkungan main sebagai pijakan awal yang merangsang anak untuk aktif, kreatif, dan terus berpikir dengan menggali pengalamannya sendiri.
c. Menggunakan standar operasional yang baku dalam proses pembelajaran.
d. Sebaiknya telah mengikuti pelatihan tentang pendekatan sentra sebelum menerapkannya.
e. Melibatkan orang tua dan keluarga, sebagai satu kesatuan proses pembelajaran untuk mei dukung kegiatan anak di rumah.
f. Menurut penelitian, anak dapat bergerak dengan bebas dan leluasa dalam memilih kegiatan jika disediakan 2,5 tempat main untuk setiap anak. Phelps (1986) menernukan bahwa variabel yang paling berdampak negatif terhadap perilaku anak usia dini adalah jumlah dan penataan kesempaian main yang tidal. tepat.
3. Rambu-rambu yang perlu diperhatikan dalam menerapkan pendekatan sentra antara lain adalah sebagai berikut.
a.  Mempertimbangkan beberapa hal, seperti Apakah sentra kegiatan akan dibuka sepanjang hari setiap hari, paruh waktu atau hanya beberapa hari dalam seminggu? Apakan ruangan yang ada potensial untuk ditata dalam sentra-sentra? Perlukah pembatasan jumlah anak dalam pemakaian sentra-sentra tertentu? Bagaimana cara menentukannya dan bagaimana agar anak-anak mengetahui batasan tersebut? Sentra-sentra apa saja yang dapat dikembangkan sesuai tema yang ada? Bagaimana cara perpindahan anak keluar dan masuk pada tiap sentra? Bagaimana agar anak-anak tahu apa yang harus dikerjakan di tiap sentra?
b. Menentukan rencana.
c.  Mempertimbangkan karakteristik anak-anak yang akan menggunakan sentra.
d. Menentukan konsep keahlian yang akan dikembangkan.
e.  Merumuskan tujuan-tujuan yang diharapkan.
f.  Memilih kegiatan dan alat-alat yang sesuai.
g.  Mengevaluasi sentra-sentra.
h.  Melakukan implementasi terhadap perubahan-perubahan yang diperlukan.
i.   Mengembangkan tiap sentra sebagai suatu kesatuan yang mandiri, tidak tergantung pada peralatan dari sentra-sentra lain atau berebut sumber listrik.
j.  Menentukan sentra mana yang paling mudah aksesnya dengan sumber listrik, persediaan air atau cahaya matahari.
k. Menyusun semua sentra sedemikian rupa sehingga kegiatan-kegiatan di dalamnya mudah dipantau pendidik.
1. Mempertimbangkan alur perpindahan sentra dalam kelas dengan mengusahakan anak tetap mandiri.
m. Membatasi jumlah anak-anak di tiap sentra pada waktu yang bersamaan.
n.  Mengarahkan anak-anak untuk berpartisipasi dalam tiap sentra sesuai periode waktu yang diberikan.
o. Menambahkan alat dan bahan-bahan baru ke tiap sentra yang disesuaikan dengan minat anak.
p. Membangun lima domain perkembangan anak, yaitu afeksi, kognisi, psikomotor, bahasa, dan keterampilan sosial.

Selain itu ada beberapa hal yang juga perlu diperhatikan dalam perencanaan sentra-sentra kegiatan yaitu sebagai berikut :
a. Mengembangkan tiap sentra sebagai suatu kesatuan yang mandiri tidak tergantung pada peralatan dari sentra-sentra lain atau saling memperebutkan sumber listrik jadi sebaiknya tidak terjadi saling pinjam alat atau bahan antara satu sentra dengan sentra lain.
b. Menentukan sentra mana yang paling mudah aksesnya dengan sumber listrik.
c. Menentukan sentra mana yang senantiasa memerlukan persediaan air
d. Menentukan sentra mana yang memerlukan cahaya matahari sehingga perlu ditempatkan dekat jendela.
e. Menyusun semua sentra sedemikian rupa sehingga kegiatan-kegiatan di dalamnya mudah dipantau pendidik.
f. Mempertimbangkan alur perpindahan sentra dalam kelas dengan mengusahakan anak tetap mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar