RANCANGAN TUGAS TUTORIAL I
Nama Mata Kuliah
|
:
|
PAUD4503/Evaluasi
Perkembangan Anak Usia Dini
|
Sumber Materi :
·
BMP
PAUD4503
Modul 1 dan 2
·
BMP
Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini
·
DEPDIKNAS.2004.
Standar Kompetensi . Jakarta DEPDIKNAS
·
Masitoh,dkk.2004.Strategi Pembelajaran TK Jakarta Univ.
Terbuka
·
Nugraha,
Ali. 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta. Univ. Terbuka. DIKNAS
·
Wardle,
F. 2003. Introduction to Early Childhood Education: A Multidimensional
Approach to Child Centered Care and Learning
·
Brenner,
J.A. 2001. Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through
Primary Grades
·
]Brooks,
J.B. 2004. The Process of Parenting
|
Pokok Bahasan
|
:
|
Konsep Dasar, Perencanaan dan Proses Asesmen pada Anak
Usia Dini
|
|
Pengembang Soal
|
:
|
Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd
|
|
Masa Tutorial
|
:
|
2015.2 Tahap. 1
|
|
Jumlah Soal
|
:
|
5 (lima)
|
|
Skor Maksimal
|
:
|
100
|
|
Jenis Tugas
|
:
|
Penguasaan konsep
|
|
Waktu
|
:
|
60 menit
|
|
Kompetensi Khusus:
Setelah mempelajari matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat
mengases perkembangan anak usia dini yang meliputi perkembangan perilaku,
fisik/motorik, bahasa, kognitif dan seni secara komprehensif dan dapat
dipertanggung jawabkan secara keilmuan pendidikan anak usia dini.
|
|
Tugas
|
Kompetensi yang diharapkan dimiliki
mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini adalah mampu untuk mengases
perkembangan dan proses kegiatan pengembangan pada anak usiaa dini. Materi
yang dibahas tentang hal-hal yang
barkaitan dengan cara mengases berbagai aspek perkembangan pada anak usia
dini. yang terdiri dari perencanaan asesmen perkembangan pada anak usia dini,
asesmen perkembangan fisik/motorik pada anak usia dini, asesmen perkembangan
kognitif pada anak usia dini, asesmen perkembangan bahasa pada anak usia
dini, asesmen perkembangan sosial emosional pada anak usia dini serta
pelaporan perkembangan anak usia dini.
Selain mempelajari modul secara mandiri, mahasiswa dapat mengikuti
tutorial tatap muka. Kemampuan mahasiswa akan diukur melalui UAS
Soal no. 1
Jelaskan
Tujuan asesmen anak usia dini !
Soal
no. 2
Jelaskan
prinsip prinsip dalam penyusunan asesmen anak usia dini !
Soal
no. 3
Jelaskan
bagaimana Strategi Asesmen Informal dalam proses asesmen anak usia dini!
Soal
no. 4
Jelaskan
Komponen sistem asesmen terdiri dari (1) tes standar dan (2) strategi asesmen
informal.!
Soal
no. 5
Jelaskan
indikator pencapaian tahap perkembangan koqnitif !
|
Tutor,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar