RANCANGAN TUGAS TUTORIAL 2
Nama Mata Kuliah
|
:
|
PAUD4503/Evaluasi
Perkembangan Anak Usia Dini
|
Sumber Materi :
·
BMP
PAUD4503
Modul 1 dan 2
·
BMP
Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini
·
DEPDIKNAS.2004.
Standar Kompetensi . Jakarta DEPDIKNAS
·
Masitoh,dkk.2004.Strategi Pembelajaran TK Jakarta Univ.
Terbuka
·
Nugraha,
Ali. 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta. Univ. Terbuka. DIKNAS
·
Wardle,
F. 2003. Introduction to Early Childhood Education: A Multidimensional
Approach to Child Centered Care and Learning
·
Brenner,
J.A. 2001. Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through
Primary Grades
·
]Brooks,
J.B. 2004. The Process of Parenting
|
Pokok Bahasan
|
:
|
1.
Perkembangan kognitif anak usia dini
2.
Perkembangan bahasa anak usia dini
|
|
Pengembang Soal
|
:
|
Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd
|
|
Masa Tutorial
|
:
|
2015.2 Tahap. 1
|
|
Jumlah Soal
|
:
|
5 (lima)
|
|
Skor Maksimal
|
:
|
100
|
|
Jenis Tugas
|
:
|
Penguasaan konsep
|
|
Waktu
|
:
|
60 menit
|
Kompetensi Khusus:
Setelah mempelajari matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat
mengases perkembangan anak usia dini yang meliputi perkembangan perilaku,
fisik/motorik, bahasa, kognitif dan seni secara komprehensif dan dapat
dipertanggung jawabkan secara keilmuan pendidikan anak usia dini.
|
Tugas
|
Kompetensi yang diharapkan dimiliki
mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini adalah mampu untuk mengases
perkembangan dan proses kegiatan pengembangan pada anak usiaa dini. Materi
yang dibahas tentang hal-hal yang
barkaitan dengan cara mengases berbagai aspek perkembangan pada anak usia
dini. yang terdiri dari perencanaan asesmen perkembangan pada anak usia dini,
asesmen perkembangan fisik/motorik pada anak usia dini, asesmen perkembangan
kognitif pada anak usia dini, asesmen perkembangan bahasa pada anak usia
dini, asesmen perkembangan sosial emosional pada anak usia dini serta
pelaporan perkembangan anak usia dini.
Selain mempelajari modul secara mandiri, mahasiswa dapat mengikuti
tutorial tatap muka. Kemampuan mahasiswa akan diukur melalui UAS.
Soal no. 1
Jelaskan Keberhasilan Kompetensi pembelajaran untuk
mengimplementasikan dari sebuah pengamalan !
Soal
no. 2
Jelaskan prinsip
yang harus dipertimbangkan oleh evaluator dalam melaksanakan evaluasi
pembelajaran perkembangan anak usia dini!
Soal
no. 3
Apakah yang
dimaksud dengan specimen records !
Soal
no. 4
Jelaskan
pedoman pencatatan evaluasi perkembangan anak usia
dini!
Soal
no. 5
Sebutkan
Bagaimana cara menghindari kesalahan-kesalahan dalam mencatat hasil
pengamatan, pendidik (guru) perlu memahami beberapa pedoman dalam melakukan
pencatatan!
|
Tutor,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar