RANCANGAN TUGAS TUTORIAL 3
Nama Mata Kuliah
|
:
|
PAUD4503/Evaluasi
Perkembangan Anak Usia Dini
|
Sumber Materi :
·
BMP
PAUD4503
Modul 1 dan 2
·
BMP
Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini
·
DEPDIKNAS.2004.
Standar Kompetensi . Jakarta DEPDIKNAS
·
Masitoh,dkk.2004.Strategi Pembelajaran TK Jakarta Univ.
Terbuka
·
Nugraha,
Ali. 2005. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta. Univ. Terbuka. DIKNAS
·
Wardle,
F. 2003. Introduction to Early Childhood Education: A Multidimensional
Approach to Child Centered Care and Learning
·
Brenner,
J.A. 2001. Introduction to Early Childhood Education: Preschool Through
Primary Grades
·
]Brooks,
J.B. 2004. The Process of Parenting
|
Pokok Bahasan
|
:
|
1.
Perkembangan kognitif anak usia dini
2.
Perkembangan bahasa anak usia dini
|
|
Pengembang Soal
|
:
|
Drs. ADI SUPRAYITNO. M.Pd
|
|
Masa Tutorial
|
:
|
2015.2 Tahap. 1
|
|
Jumlah Soal
|
:
|
5 (lima)
|
|
Skor Maksimal
|
:
|
100
|
|
Jenis Tugas
|
:
|
Penguasaan konsep
|
|
Waktu
|
:
|
60 menit
|
|
Kompetensi Khusus:
Setelah mempelajari matakuliah ini diharapkan mahasiswa dapat
mengases perkembangan anak usia dini yang meliputi perkembangan perilaku,
fisik/motorik, bahasa, kognitif dan seni secara komprehensif dan dapat
dipertanggung jawabkan secara keilmuan pendidikan anak usia dini.
|
|
Tugas
|
Kompetensi yang diharapkan dimiliki
mahasiswa setelah mengikuti mata kuliah ini adalah mampu untuk mengases
perkembangan dan proses kegiatan pengembangan pada anak usiaa dini. Materi
yang dibahas tentang hal-hal yang
barkaitan dengan cara mengases berbagai aspek perkembangan pada anak usia
dini. yang terdiri dari perencanaan asesmen perkembangan pada anak usia dini,
asesmen perkembangan fisik/motorik pada anak usia dini, asesmen perkembangan
kognitif pada anak usia dini, asesmen perkembangan bahasa pada anak usia
dini, asesmen perkembangan sosial emosional pada anak usia dini serta
pelaporan perkembangan anak usia dini.
Selain mempelajari modul secara mandiri, mahasiswa dapat mengikuti
tutorial tatap muka. Kemampuan mahasiswa akan diukur melalui UAS.
Soal no. 1
Sebutkan dan
jelaskan 3 komponen dalam melakukan observasi !
Soal
no. 2
Jelaskan
Bagaimana Agar dapat
melaksanakan observasi dengan benar observer harus menggunakan acuan !
Soal
no. 3
Jelaskan bagaimana contoh
hasil observasi di lembaga masing-masing dengan menggunakan teknik:
a.
Running record prilaku
anak.
b.
Narasi guru!
Soal
no. 4
Jelaskan
dan berikan contoh gross
motor skills fine motor skills!
Soal
no. 5
Jelaskan
Sebutkan beberapa alasan
tentang fungsi perkembangan motorik bagi perkembangan individu !
|
Tutor,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar